Sugiarto, Wahyu (2024) Metode pendidikan islam Sunan Kalijaga kajian Buku Atlas Walisongo karya Agus Sunyoto. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000331012_JUDUL__240404123212.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000331012_BAB_I__240403110731.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000331012_BAB_II__240403110731.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000331012_BAB_III__240403110731.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000331012_BAB_IV__240403110731.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000331012_BAB_V__240403110731.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000331012_DAFTAR_PUSTAKA__240403110731.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000331012_LAMPIRAN__240403110732.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya keberagaman budaya Indonesia yang dapat dijadikan metode pendidikan Islam. Dari keberagaman budaya tersebut peneliti merasa ada beberapa budaya hasil ciptaan Sunan Kalijaga yang dapat digabungkan dengan metode pendidikan Islam. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pendidikan Islam yang digunakan Sunan Kalijaga dalam penyebaran Islam serta untuk mengetahui aktualisasinya pada realitas kontemporer.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kepustakaan (library research). Adapun jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan metode dan aktualisasi pendidikan Islam oleh Sunan Kalijaga. Dalam penelitiaan ini cara pengambilan data melalui teknik dokumentasi yaitu dengan membaca, menghimpun, dan menelaah buku yang menjadi sumber pokok penelitiaan dalam penelitian ini buku yang menjadi sumber pokok atlas wali songo dan diperkuat dengan sumber lain seperti buku, jurnal, dan skripsi terdahulu yang masih relevan dengan fokus kajian penelitiaan yang dilakukan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analysis atau teknik analisis isi dengan prosedur pemilihan data, pengkelompokan data, kritik, dan kesimpulan data. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori yang mana teori ini untuk menyangkal atau mendukung teori yang ditemukannya ada perbedaan.
Bedasarkan hasil penelitian ini bahwa metode pendidikan Islam yang dilakukan Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam terbagi menjadi 2 (dua), yakni: Metode kisah atau cerita dan metode bernyanyi. Metode cerita diterapkan dalam pertunjukan wayang kulit yang dilakonkan Sunan Kalijaga. Sedangkan metode bernyanyi diterapkan pada penciptaan tembang lir-ilir dan sluku-sluku bathok ciptaan Sunan Kalijaga. Adapun aktualisasi metode cerita pada realitas kontemporer melalui wayang kulit di mana terdapat pada lakon carangan atau pengganti yang bernuansa Islami seperti lakon layang kalimasada, dewa ruci, petruk dadi ratu dsb. Sedangkan metode bernyanyi aktualisasi pada realitas kontemporer terdapat pada tembang karya Sunan Kalijaga yaitu tembang lir-ilir dan sluku-sluku bathok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Metode pendidikan, Sunan Kalijaga, buku Atlas Wali Songo karya Agus Sunyoto |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:02 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61968 |
Actions (login required)
View Item |