Metode pendidikan islam Sunan Kalijaga kajian Buku Atlas Walisongo karya Agus Sunyoto

Sugiarto, Wahyu (2024) Metode pendidikan islam Sunan Kalijaga kajian Buku Atlas Walisongo karya Agus Sunyoto. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000331012_JUDUL__240404123212.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000331012_BAB_I__240403110731.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000331012_BAB_II__240403110731.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000331012_BAB_III__240403110731.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000331012_BAB_IV__240403110731.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000331012_BAB_V__240403110731.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000331012_DAFTAR_PUSTAKA__240403110731.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000331012_LAMPIRAN__240403110732.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya keberagaman budaya Indonesia yang dapat dijadikan metode pendidikan Islam. Dari keberagaman budaya tersebut peneliti merasa ada beberapa budaya hasil ciptaan Sunan Kalijaga yang dapat digabungkan dengan metode pendidikan Islam. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pendidikan Islam yang digunakan Sunan Kalijaga dalam penyebaran Islam serta untuk mengetahui aktualisasinya pada realitas kontemporer.

Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kepustakaan (library research). Adapun jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan metode dan aktualisasi pendidikan Islam oleh Sunan Kalijaga. Dalam penelitiaan ini cara pengambilan data melalui teknik dokumentasi yaitu dengan membaca, menghimpun, dan menelaah buku yang menjadi sumber pokok penelitiaan dalam penelitian ini buku yang menjadi sumber pokok atlas wali songo dan diperkuat dengan sumber lain seperti buku, jurnal, dan skripsi terdahulu yang masih relevan dengan fokus kajian penelitiaan yang dilakukan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analysis atau teknik analisis isi dengan prosedur pemilihan data, pengkelompokan data, kritik, dan kesimpulan data. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori yang mana teori ini untuk menyangkal atau mendukung teori yang ditemukannya ada perbedaan.

Bedasarkan hasil penelitian ini bahwa metode pendidikan Islam yang dilakukan Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam terbagi menjadi 2 (dua), yakni: Metode kisah atau cerita dan metode bernyanyi. Metode cerita diterapkan dalam pertunjukan wayang kulit yang dilakonkan Sunan Kalijaga. Sedangkan metode bernyanyi diterapkan pada penciptaan tembang lir-ilir dan sluku-sluku bathok ciptaan Sunan Kalijaga. Adapun aktualisasi metode cerita pada realitas kontemporer melalui wayang kulit di mana terdapat pada lakon carangan atau pengganti yang bernuansa Islami seperti lakon layang kalimasada, dewa ruci, petruk dadi ratu dsb. Sedangkan metode bernyanyi aktualisasi pada realitas kontemporer terdapat pada tembang karya Sunan Kalijaga yaitu tembang lir-ilir dan sluku-sluku bathok.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Metode pendidikan, Sunan Kalijaga, buku Atlas Wali Songo karya Agus Sunyoto
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:02
Last Modified: 24 Apr 2024 03:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61968

Actions (login required)

View Item View Item