Sintarana, Zaizafun (2024) Pengembangan modul pembelajaran dengan heuristik visualise-predict-check pada materi lingkaran dan garis singgung Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900006088_JUDUL__240203090151.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900006088_BAB_I__240205124755.pdf Download (551kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900006088_BAB_II__240205124755.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900006088_BAB_III__240205124755.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900006088_BAB_IV__240205124755.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900006088_BAB_V__240205124755.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006088_DAFTAR_PUSTAKA__240205124755.pdf Download (394kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900006088_LAMPIRAN__240205124755.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Modul pembelajaran merupakan salah satu bentuk bahan ajar cetak yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Proses pembelajaran matematika saat ini hanya menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) dan buku paket dengan jumlah yang terbatas. Sebanyak 62.1% peserta didik merasa kesulitan pada materi geometri lingkaran dan garis singgung. Hal tersebut menjadi dasar bagi peneliti untuk mengembangkan sebuah modul pembelajaran lingkaran dan garis singgung dengan heuristik visualise-predict-check.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik SMA Negeri 2 Sleman Kelas XII MIPA 2. Penilaian yang digunakan untuk mengukur kelayakan modul yang dikembangkan berupa angket ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik. Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif kemudian diubah menjadi analisis kuantitatif dengan Skala Likert.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, modul memiliki karakteristik dengan khas utama yaitu penerapan langkah-langkah visualise-predict-check. Selain itu, modul ini dilengkapi dengan latihan soal serta kunci jawaban yang memuat materi persamaan garis singgung lingkaran kelas XI SMA. Persentase kelayakan modul menurut ahli materi yaitu 93�ngan kategori sangat layak, ahli media sebesar 92�ngan kategori sangat layak, dan penilaian dari respon peserta didik diperoleh 86�ngan kategori sangat menarik. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik tersebut, maka Modul Pembelajaran dengan Heuristik Visualise-Predict-Check pada Materi Lingkaran dan Garis Singgung dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | modul, visualise-predict-check, lingkaran dan garis singgung |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 01:55 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 01:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61988 |
Actions (login required)
View Item |