Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis blended learning menumbuhkan keterampilan literasi siswa kelas V Sekolah Dasar

Febriati, Dwi (2024) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis blended learning menumbuhkan keterampilan literasi siswa kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005146_JUDUL__240423103434.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005146_BAB_I__240423103434.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005146_BAB_II__240423103434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005146_BAB_III__240423103434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005146_BAB_IV__240423103434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005146_BAB_V__240423103434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005146_DAFTAR_PUSTAKA__240423103434.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005146_LAMPIRAN__240423103434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005146_NASKAH_PUBLIKASI__240423103434.pdf

Download (947kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam menerima pembelajaran selama pembelajaran Blended Learning serta pendidik yang kurang menguasai dalam penggunaan model pembelajaran dan bahan ajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan, mengetahui kualitas, serta mengetahui kualitas RPP berbasis Blended Learning untuk menumbuhkan keterampialan literasi siswa kelas V sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall dengan mengambil 7 tahapan pengembangan antara lain Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision. Teknik dan instrumen pengumpulan data awal pada pengembangan produk ini yaitu observasi, wawancara, dan angket penilaian. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk dapat mendeskripsikan komentar atau saran yang diperoleh dari para ahli, dan respon siswa. Teknik analisis data kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk dari hasil penilaian ahli, dan respon siswa.
Hasil penelitian adalah 1)Langkah-langkah pengembangan RPP RPP berbasis Blended Learning menumbuhkan keterampilan literasi siswa kelas V SD terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji coba awal dengan melakukan validasi media oleh para ahli, revisi produk, uji coba lapangan ke kelompok kecil, dan tahap terakhir dengan melakukan revisi berdasarkan saran dan kritikan yang diberikan oleh para ahli. 2) Kelayakan RPP berbasis Blended Learning menumbuhkan keterampilan literasi siswa kelas V SD berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan rata nilai 85,0 “sangat layak”, penilaian dari ahli pembelajaran rata- rata nilai 82,6 “sangat layak”, penilaian dari ahli bahasa dengan rata-rata nilai 80,0 “sangat layak”. 3) Kualitas RPP berbasis Blended Learning menumbuhkan keterampilan literasi siswa kelas V SD, memiliki subjek uji coba penelitian yaitu siswa kelas V di SD Negeri Nglengking berjumlah 10 orang. Pada uji coba kelompok kecil mendapatkan penilaian dari siswa dengan rata-rata nilai 87,7 dengan kategori “Layak” untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: RPP, keterampilan literasi, blanded learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:56
Last Modified: 26 Apr 2024 08:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62018

Actions (login required)

View Item View Item