Pengembangan asesmen pembelajaran PAI dengan Individualized Learning Maps untuk meningkatkan Self Awareness di kelas IV SDIT LHI

Shalihah, Nisa (2024) Pengembangan asesmen pembelajaran PAI dengan Individualized Learning Maps untuk meningkatkan Self Awareness di kelas IV SDIT LHI. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2108052059_JUDUL__240404043804.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2108052059_BAB_I__240404043804.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2108052059_BAB_II__240404043804.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2108052059_BAB_III__240404043804.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2108052059_BAB_IV__240404043805.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2108052059_BAB_V__240404043805.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2108052059_DAFTAR_PUSTAKA__240404043805.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2108052059_LAMPIRAN__240404043805.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T2_2108052059_NASKAH_PUBLIKASI__240404043806.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan asesmen pembelajaran PAI dengan individualized learning maps untuk meningkatkan self awareness ini didasarkan pada problematika yang terjadi di SDIT LHI Banguntapan Bantul, yaitu rendahnya keterampilan self awareness siswa pada aspek emotion awareness dan self confidence berupa kemampuan mengelola emosi dan kurangnya kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat pada beberapa siswa. Pada prinsip pembelajaran berdiferensiasi, keterampilan self awareness ini ditumbuhkan sebagai cara menggali potensi dan peran mereka dalam proses pembelajaran, sehingga siswa memiliki kepercayaan diri untuk mengontrol dan mengevaluasi diri sendiri, baik itu yang berkaitan dengan perasaan (affect), perilaku (behavior), maupun pemikiran (cognition). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran dengan asesmen individualized learning maps dan menguji efektivitas asesmen individualized learning maps untuk meningkatkan self awareness siswa pada pembelajaran PAI di kelas IV SDIT LHI.
Metode penelitian ini ialah Research and Development (R and D) dengan 10 tahapan Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan ini terdiri dari 10 langkah, yaitu (1) mengidentifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) mendesain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk akhir, (10) produksi massal. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan membandingkan hasil uji T-Test paired samples correlations berdasarkan hasil pre test dan post test angket menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Science) pada kelas eksperimen.
Hasil validasi desain asesmen pembelajaran PAI dengan individualized learning maps pada penelitian ini telah memenuhi kriteria kelayakan yakni sebesar 85,00 �ri ahli asesmen I, dan 100 �ri ahli asesmen II. Adapun ahli materi I sebesar 91,66 %, dan ahli materi II sebesar 83,33 %. Hal ini menunjukkan bahwa produk tersebut masuk kategori sangat layak untuk diujicobakan. Berdasarkan hasil uji T-Test paired samples correlations pada hasil angket self awareness menunjukkan rata-rata kenaikan keterampilan siswa sebesar 15,67 �ngan nilai signifikansi sebesar 0,023 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test pada kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kenaikan yang signifikan keterampilan self awareness siswa pada hasil post test setelah mengimplementasikan pembelajaran dengan asesmen individualized learning maps dibandingkan dengan hasil pre test.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: asesmen pembelajaran PAI, individualized learning maps, self awareness
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: userperpus1 userperpus1
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:00
Last Modified: 30 Apr 2024 02:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62069

Actions (login required)

View Item View Item