Shalihah, Nisa (2024) Pengembangan asesmen pembelajaran PAI dengan Individualized Learning Maps untuk meningkatkan Self Awareness di kelas IV SDIT LHI. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
| 
              
Text (JUDUL)
 T2_2108052059_JUDUL__240404043804.pdf Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB I)
 T2_2108052059_BAB_I__240404043804.pdf Download (114kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB II)
 T2_2108052059_BAB_II__240404043804.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB III)
 T2_2108052059_BAB_III__240404043804.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB IV)
 T2_2108052059_BAB_IV__240404043805.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB V)
 T2_2108052059_BAB_V__240404043805.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB)  | 
          |
| 
              
Text (Daftar Pustaka)
 T2_2108052059_DAFTAR_PUSTAKA__240404043805.pdf Download (233kB)  | 
          |
| 
              
Text (Lampiran)
 T2_2108052059_LAMPIRAN__240404043805.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB)  | 
          |
| 
              
Text (Naskah Publikasi)
 T2_2108052059_NASKAH_PUBLIKASI__240404043806.pdf Download (373kB)  | 
          
Abstract
Penelitian  dan  pengembangan  asesmen  pembelajaran PAI dengan individualized learning maps untuk meningkatkan self awareness ini didasarkan pada  problematika  yang  terjadi di SDIT  LHI  Banguntapan Bantul, yaitu rendahnya keterampilan self awareness siswa pada  aspek  emotion  awareness dan  self confidence berupa kemampuan mengelola  emosi  dan  kurangnya   kepercayaan  diri  dalam  menyampaikan pendapat pada  beberapa siswa. Pada  prinsip pembelajaran  berdiferensiasi,   keterampilan self awareness ini ditumbuhkan  sebagai cara  menggali potensi dan  peran  mereka dalam proses pembelajaran, sehingga siswa memiliki  kepercayaan  diri  untuk mengontrol dan  mengevaluasi  diri sendiri, baik  itu  yang berkaitan dengan perasaan (affect), perilaku (behavior), maupun pemikiran (cognition). Penelitian  ini  bertujuan untuk  menganalisis    pembelajaran    dengan  asesmen  individualized  learning maps  dan  menguji efektivitas asesmen individualized  learning maps untuk  meningkatkan  self  awareness  siswa pada  pembelajaran  PAI di kelas IV  SDIT  LHI.
 Metode penelitian ini  ialah  Research and Development  (R and D)  dengan  10 tahapan  Borg  and  Gall. Langkah-langkah  pengembangan  ini terdiri  dari  10  langkah, yaitu (1) mengidentifikasi potensi  dan  masalah, (2) pengumpulan data, (3) mendesain  produk, (4) validasi desain, (5) revisi  desain, (6) uji coba produk, (7) revisi  produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk akhir, (10) produksi massal. Penelitian  ini  menggunakan  teknik  analisis statistik deskriptif  dengan membandingkan  hasil uji  T-Test paired samples correlations berdasarkan  hasil pre test  dan  post test  angket  menggunakan aplikasi SPSS (Statistical  Package for the Social Science) pada  kelas eksperimen.  
Hasil validasi  desain  asesmen  pembelajaran PAI  dengan individualized  learning maps pada  penelitian ini telah  memenuhi  kriteria  kelayakan yakni sebesar  85,00 �ri ahli  asesmen I,  dan 100 �ri ahli asesmen II. Adapun  ahli materi  I  sebesar  91,66 %, dan  ahli materi II sebesar 83,33 %. Hal ini  menunjukkan  bahwa produk tersebut masuk  kategori  sangat  layak untuk diujicobakan.  Berdasarkan hasil uji  T-Test paired samples correlations pada  hasil angket self awareness menunjukkan rata-rata kenaikan  keterampilan  siswa sebesar 15,67 �ngan  nilai signifikansi sebesar  0,023 yang  menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara  nilai pre test dan  post test pada  kelas eksperimen. Sehingga dapat  disimpulkan bahwa terdapat  kenaikan  yang signifikan  keterampilan self awareness  siswa pada  hasil post test setelah  mengimplementasikan pembelajaran  dengan  asesmen  individualized  learning maps dibandingkan dengan hasil  pre test.
| Item Type: | Thesis (S2) | 
|---|---|
| Keyword: | asesmen pembelajaran PAI, individualized learning maps, self awareness | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan | 
| Depositing User: | userperpus1 userperpus1 | 
| Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:00 | 
| Last Modified: | 30 Apr 2024 02:00 | 
| URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62069 | 
| Dosen Pembimbing: | Wantini, Wartini | [error in script] | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
