Wulandari, Cindy Cahyani (2024) Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan Academic Flow padasiswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000013097_JUDUL__240321013558.pdf Download (734kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000013097_BAB_I__240321013513.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000013097_BAB_II__240321013513.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000013097_BAB_III__240321013513.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000013097_BAB_IV__240321013513.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000013097_BAB_V__240321013513.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013097_DAFTAR_PUSTAKA__240321013513.pdf Download (137kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000013097_LAMPIRAN__240321013513.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013097_NASKAH_PUBLIKASI__240321013513.pdf Download (268kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan academic flow pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 153 siswa yang diambil dari jumlah populasinya 321 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan cara menyebarkan tiga skala yaitu, Skala Academic Flow, Skala Efikasi Diri, dan Skala Dukungan sosial teman sebaya. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 19.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan academic flow dengan nilai R = 0,671 dan p = 0,000 (p < 0,01), 2) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan academic flow dengan nilai r = 0,499 dan p 0,000 (p < 0,01), artinya semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki maka akan semakin tinggi pula academic flow. Sebaliknya semakin rendah efikasi diri yang dimiliki maka semakin rendah academic flow. 3) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan academic flow dengan nilai r = 0,593 dan p = 0,000 (p < 0,01). Artinya, semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya yang dimiliki maka akan semakin tinggi pula academic flow. Sebaliknya semakin rendah dukungan sosial teman sebaya yang dimiliki maka semakin rendah academic flow. Maka, dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan academic flow pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan sebanyak 45,07�ngan academic flow. Adapun sumbangan dari dukungan sosial teman sebaya dengan academic flow yaitu sebesar 28,35%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | academic flow, dukungan sosial teman sebaya, efikasi diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 04 May 2024 03:30 |
Last Modified: | 04 May 2024 03:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62089 |
Actions (login required)
View Item |