Iklan layanan "Valen Voice" Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ciamis

Malik, Syahid (2024) Iklan layanan "Valen Voice" Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ciamis. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900030376_JUDUL__240320125403.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900030376_BAB_I__240321100256.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900030376_BAB_II__240321095848.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900030376_BAB_III__240321100002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900030376_BAB_IV__240321100102.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900030376_BAB_V__240321100103.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900030376_DAFTAR_PUSTAKA__240321100103.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900030376_LAMPIRAN__240320111411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900030376_NASKAH_PUBLIKASI__240320111411.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan pemimpin di Indonesia biasanya dilakukan dengan cara pemilihan umum atau sering disebut pemilu. Pemilu merupakan pesta demokrasi rakyat, dimana rakyat memiliki hak pilih yang bebas untuk menentukan siapa pemimpin pilihannya sendiri. Pemilu di Indonesia diatur dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Pasal 1 angka 1 UU tersebut memuat tentang pengertian pemilu. Salah satu yang menunjukan bahwa pemilu tersebut dikatakan berhasil bisa kita lihat dari tingkat partisipasi pemilihnya. Perlu kita sadari bahwa pemilu tidak bisa lepas dengan kata golput. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah golput adalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terutama kepada pemilih pemula. Berdasarkan hal tersebut, maka Iklan Layanan Masyarakat ini dibutuhkan untuk sosialiasi KPU kepada masyarakat umum terlebih kepada para pemilih pemula untuk meyadarkan atau mengingatkan mereka bahwa hak suara yang mereka miliki sangat penting untuk digunakan. Objek dari penelitian ini adalah Iklan Layanan Masyarakat untuk remaja umur 17 tahun yang merupakan pemilih pemula pada saat pemilihan umum. Dilansir dari situs tempo.co bahwa dalam pemilu pada tahun 2024 60% diantaranya akan didominasi oleh para remaja pemilih pemula. Hal ini perlu diperhatikan supaya para pemilih pemula ini menggunakan hak pilihnya pada saat pemilihan umum. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara. Iklan layanan Masyarakat “Valen Voice” adalah iklan yang dibuat untuk mengedukasi anak-anak muda dan para pemilih pemula untuk datang ke Tempat pemilihan suara agar menggunakan Hak pilihnya dengan benar. Penulis sebagai Creative Group Head atau sutradara dalam perancangan karya ini mengemas ceritanya menggunakan pendekatan cerita dengan obrolan anak-anak muda atau remaja yang pada saat pemilu nanti akan menghadapi pemilu untuk pertama kalinya. sebagaimana pengalam pribadi penulis ketika harus dihadapkan derngan kondisi untuk mengikuti pemilu pertama kalinya. Konsep penyuntingan gambar pada iklan layanan masyarakat ini akan menggunakan teknik editing dengan penggunaan transisi sederhana, yaitu menggunakan teknik editing Transisi cut to cut, J-cut dan L-cut. Proses pengerjaan tugas akhir kayra Iklan Layanan Masyarakat yang berjudul “Valen Voice” penulis disini berada pada departemen produksi sebagai Sutradara. Peran Sutradara Dalam Proses Produksi Iklan Layanan Masyarakat “Valen Voice”, sangatlah penting untuk hasil akhir sebuah produksi. Keberhasilan sebuah karya ditentukan oleh kinerja sutradara di dalam proses pra produksi, produksi, sampai tahap pasca produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: iklan, pemilihan umum, valentine
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:29
Last Modified: 26 Apr 2024 03:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62249

Actions (login required)

View Item View Item