Hardianto, Ilham (2024) Pembaharuan metode pendidikan Islam : Telaah pemikiran Abdul Munir Mulkhan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700031006_JUDUL__240322043015.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700031006_BAB_I__240322043015.pdf Download (529kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700031006_BAB_II__240322043015.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700031006_BAB_III__240322043015.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700031006_BAB_IV__240322043015.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700031006_BAB_V__240322043015.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700031006_DAFTAR_PUSTAKA__240322043015.pdf Download (486kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700031006_LAMPIRAN__240322043015.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembaharuan proses proses pembelajaran pendidikan Islam dalam pandangan Abdul Munir Mulkhan, untuk mengetahui pembaharuan pendidikan Islam dalam metode pembelajaran, untuk mengetahui pemikiran dan implementasi pemikiran pembaharuan Pendidikan Islam Abdul Munir Mulkhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui kajian kepustakaan (library research) dengan sumber data langsung dari karya-karya Abdul Munir Mulkhan serta dokumentasi, wawancara dan analisis deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Islam menurut Munir ialah mengupayakan Pemerintah untuk memiliki tanggung jawab utama untuk memberikan fasilitas kepada pendidik sehingga mereka dapat memenuhi tugasnya untuk membuat kurikulum dasar untuk semua tingkat pendidikan dan dalam pembelajaran sepenuhnya harus menjadi otoritas guru. Kedua, Impelentasi Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Islam dalam perspektif Abdul Munir Mulkhan ialah pendidik seharusnya bukan sekedar memberikan indoktrinasi akan tetapi mengajarkan peserta didik untuk sadar akan keberadaan tuhan dan selalu merasa diawasi oleh Tuhan. Sehingga pada implentasinya peserta didik tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh Agama Islam
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembaharuan, Pemikiran Pendidikan Islam, Abdul Munir Mulkhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus5 userperpus5 |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:31 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62298 |
Actions (login required)
View Item |