Pembaharuan metode pendidikan Islam : Telaah pemikiran Abdul Munir Mulkhan

Hardianto, Ilham (2024) Pembaharuan metode pendidikan Islam : Telaah pemikiran Abdul Munir Mulkhan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700031006_JUDUL__240322043015.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700031006_BAB_I__240322043015.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700031006_BAB_II__240322043015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700031006_BAB_III__240322043015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700031006_BAB_IV__240322043015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700031006_BAB_V__240322043015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700031006_DAFTAR_PUSTAKA__240322043015.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700031006_LAMPIRAN__240322043015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembaharuan proses proses pembelajaran pendidikan Islam dalam pandangan Abdul Munir Mulkhan, untuk mengetahui pembaharuan pendidikan Islam dalam metode pembelajaran, untuk mengetahui pemikiran dan implementasi pemikiran pembaharuan Pendidikan Islam Abdul Munir Mulkhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui kajian kepustakaan (library research) dengan sumber data langsung dari karya-karya Abdul Munir Mulkhan serta dokumentasi, wawancara dan analisis deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Islam menurut Munir ialah mengupayakan Pemerintah untuk memiliki tanggung jawab utama untuk memberikan fasilitas kepada pendidik sehingga mereka dapat memenuhi tugasnya untuk membuat kurikulum dasar untuk semua tingkat pendidikan dan dalam pembelajaran sepenuhnya harus menjadi otoritas guru. Kedua, Impelentasi Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Islam dalam perspektif Abdul Munir Mulkhan ialah pendidik seharusnya bukan sekedar memberikan indoktrinasi akan tetapi mengajarkan peserta didik untuk sadar akan keberadaan tuhan dan selalu merasa diawasi oleh Tuhan. Sehingga pada implentasinya peserta didik tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh Agama Islam

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pembaharuan, Pemikiran Pendidikan Islam, Abdul Munir Mulkhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus5 userperpus5
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:31
Last Modified: 30 Apr 2024 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62298

Actions (login required)

View Item View Item