Astuti, Windi Dwi (2024) Strategi Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode Iqro' Siswa Tunanetra Kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031153_JUDUL__240320010735.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031153_BAB_I__240320010735.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031153_BAB_II__240320010735.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031153_BAB_III__240320010735.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031153_BAB_IV__240320010735.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031153_BAB_V__240320010735.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031153_DAFTAR_PUSTAKA__240320082941.pdf Download (218kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031153_LAMPIRAN__240320010735.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
SLB A Yaketunis Yogyakarta merupakan salah satu sekolah dengan menerapkan metode iqro’ untuk siswa penyandang disabilitas tunanetra. Melalui strategi guru menyiapkan rancangan pada tahap awal pembelajaran dengan menentukan tujuan, metode dan hasil capaian akhir pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana strategi guru PAI yang digunakan di SLB A Yaketunis ketika menerapkan metode iqro’ sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada peserta didik.
Metode yang digunkan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Selanjutnya untuk teknik pengumpulan data melalui observasi ke lapangan secara langsung baik wawancara maupun dokumentasi. Peneliti juga menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi data. Untuk analisis data menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SLB A Yaketunis Yogyakarta dalam meningkatkan kemampuan siswanya melalui metode iqro’ menggunakan strategi pembelajaran langsung dengan gaya belajar auditori. Melalui metode praktik yang dilakukan peserta didik membaca iqro’ braille secara bergantian dan disimak oleh guru PAI. Hasil pencapaian akhir menunjukkan bahwa dua anak mampu membaca huruf hijaiyah braille dengan baik sementara dua anak lainnya belum mencapai kemampuan yang sama. 2) Faktor yang mendukung strategi guru dalam meningkatkan kemampuan siswa di antaranya yakni sistem metode iqro’ yang baik, sarana dan prasarana yang mendukung dan adanya sertifikasi berkala bagi guru. Sedangkan untuk faktor penghambat di antaranya kemampuan dan pemahaman setiap peserta didik berbeda sehingga daya tangkap yang dimiliki juga berlainan, suasana hati yang tidak menentu pada kondisi psikologis membuat fokusnya mudah teralihkan, serta orang tua tidak paham akan huruf braille menjadi salah satu penghambat untuk melakukan drill bagi anak ketika di rumah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | metode iqro', membaca hijaiyah braille, strategi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:25 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62310 |
Actions (login required)
View Item |