Saputra, Abdurrahman (2024) Penggunaan youtube dalam pembelajaran huruf hijaiyah Siswa Tunagrahita Kelas 2B di SLB Negeri Pembina Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031296_JUDUL__240307024000.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031296_BAB_I__240307024000.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031296_BAB_II__240307024001.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900031296_BAB_III__240307024001.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031296_BAB_IV__240307024001.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900031296_BAB_V__240307024001.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031296_DAFTAR_PUSTAKA__240307024001.pdf Download (156kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031296_LAMPIRAN__240307024001.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kebutuhan variasi pembelajaran untuk peserta didik dengan keterbatasan kecerdasan memerlukan adanya kreativitas dari pihak pendidik. Salah satu bentuk inovasi ataupun kreativitas yang dikembangkan oleh pendidik di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dalam mengajarkan materi huruf hijaiyah untuk siswa tunagrahita adalah memadukan penggunaan Youtube dan metode Drill. Hal ini menjadi solusi alternatif untuk mengatasi hambatan tersebut yang akan dikaji dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mengenai penggunaan, hasil, serta faktor pendukung sekaligus penghambat dari penggunaan Youtube di SLB Negeri Pembina Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui langkah-langkah pengamatan, tanya jawab dengan pihak terkait, dan pemanfaatan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan validitas data, dilakukan triangulasi.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan Youtube untuk menyampaikan materi huruf hijaiyah dilaksanakan dengan memilih video menarik dan relevan sesuai mata pelajaran, serta dikombinasikan dengan penerapan metode pembelajaran drill. 2) Dampak dari pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran huruf hijaiyah bagi anak dengan gangguan kecerdasan menciptakan tingkat antusiasme tinggi di kalangan siswa tunagrahita untuk belajar dengan bantuan platform tersebut. 3) Faktor pendukung dari pemanfaatan Youtube dalam pelajaran hururf hijaiyah untuk anak dengan gangguan kecerdasan adalah ketersediaan berbagai video menarik di platform Youtube, yang dapat diselaraskan dengan kompetensi masing-masing peserta didik. Sebaliknya, faktor penghambatnya adalah kecenderungan peserta didik untuk menonton video yang tidak relevan dengan mata pelajaran, baik selama di kelas maupun di luar kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | huruf hijaiyah, tunagrahita, pendidikan agama islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 03:48 |
Last Modified: | 07 May 2024 03:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62314 |
Actions (login required)
View Item |