Penggunaan youtube dalam pembelajaran huruf hijaiyah Siswa Tunagrahita Kelas 2B di SLB Negeri Pembina Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023

Saputra, Abdurrahman (2024) Penggunaan youtube dalam pembelajaran huruf hijaiyah Siswa Tunagrahita Kelas 2B di SLB Negeri Pembina Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031296_JUDUL__240307024000.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031296_BAB_I__240307024000.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031296_BAB_II__240307024001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031296_BAB_III__240307024001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031296_BAB_IV__240307024001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031296_BAB_V__240307024001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031296_DAFTAR_PUSTAKA__240307024001.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031296_LAMPIRAN__240307024001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebutuhan variasi pembelajaran untuk peserta didik dengan keterbatasan kecerdasan memerlukan adanya kreativitas dari pihak pendidik. Salah satu bentuk inovasi ataupun kreativitas yang dikembangkan oleh pendidik di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dalam mengajarkan materi huruf hijaiyah untuk siswa tunagrahita adalah memadukan penggunaan Youtube dan metode Drill. Hal ini menjadi solusi alternatif untuk mengatasi hambatan tersebut yang akan dikaji dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mengenai penggunaan, hasil, serta faktor pendukung sekaligus penghambat dari penggunaan Youtube di SLB Negeri Pembina Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui langkah-langkah pengamatan, tanya jawab dengan pihak terkait, dan pemanfaatan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan validitas data, dilakukan triangulasi.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan Youtube untuk menyampaikan materi huruf hijaiyah dilaksanakan dengan memilih video menarik dan relevan sesuai mata pelajaran, serta dikombinasikan dengan penerapan metode pembelajaran drill. 2) Dampak dari pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran huruf hijaiyah bagi anak dengan gangguan kecerdasan menciptakan tingkat antusiasme tinggi di kalangan siswa tunagrahita untuk belajar dengan bantuan platform tersebut. 3) Faktor pendukung dari pemanfaatan Youtube dalam pelajaran hururf hijaiyah untuk anak dengan gangguan kecerdasan adalah ketersediaan berbagai video menarik di platform Youtube, yang dapat diselaraskan dengan kompetensi masing-masing peserta didik. Sebaliknya, faktor penghambatnya adalah kecenderungan peserta didik untuk menonton video yang tidak relevan dengan mata pelajaran, baik selama di kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: huruf hijaiyah, tunagrahita, pendidikan agama islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 07 May 2024 03:48
Last Modified: 07 May 2024 03:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62314

Actions (login required)

View Item View Item