Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keaktifan Siswa pada mata pelajaran PAI di MAN 1 Oku Selatan

Nabila, Aisyah Nu'ma (2024) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keaktifan Siswa pada mata pelajaran PAI di MAN 1 Oku Selatan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031346_JUDUL__240213093832.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031346_BAB_I__240213093832.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031346_BAB_II__240213093832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031346_BAB_III__240213093832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031346_BAB_IV__240213093832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031346_BAB_V__240213093832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031346_DAFTAR_PUSTAKA__240213093832.pdf

Download (215kB)

Abstract

Keaktifan siswa merupakan salah satu aspek yang terpenting didalam proses pembelajaran di suatu kelas tentunya terdapat model pembelajaran yang harus diterapkan atau digunakan salah satunya terdapat model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization yaitu model yang dimana pada saat pembelajran dimulai untuk menciptakan keaktifannya bisa dengan membentuk kelompok yang memiliki manfaat supaya siswa memiliki sifat yang bertanggung jawab serta memiliki jiwa yang saling membantu sama lain bisa fokus untuk mata pelajaran PAI. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap tingkat keterlibatan siswa dalam suatu mata pelajaran PAI pada kelas XI Man 1 Oku selatan.
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan model quasi Eksperimen, dimana pada saat pengumpulan datanya secara pengacakan (random) tetapi masih melibatkan pada penempatan partisipasi kesuatu kelompok, seperti menguji dalam bentuk pre- test dan post-test kepada peserta didik pada kelas tretment dan juga kelas kontrol.
Hasil dari penelitian ini adalah untuk kelas tretmen menghasilkan pada pre test 85 dan post test sebesar 85,76 dan untuk kelas eksperimen untuk pre test 89 sedangkan untuk post test 90,21, sehingga bisa dapat dismpulkan dengan menerapkan model pembelajaran TAI ini bisa lebih efektif dalam mengembangkan keaktifan pada siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: efektifitas, model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (tai), keaktifan belajar siswa, hasil belajar, pai
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 06 May 2024 02:46
Last Modified: 06 May 2024 02:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62325

Actions (login required)

View Item View Item