Upaya Guru TPA dalam pemberian motivasi dan habituasi belajar Al-Qur'an pada Santri di TPA Nurul Huda Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang

Indarwati, Listiana Ayu (2024) Upaya Guru TPA dalam pemberian motivasi dan habituasi belajar Al-Qur'an pada Santri di TPA Nurul Huda Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031133_JUDUL__240220111808.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031133_BAB_I__240220111808.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031133_BAB_II__240220111808.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031133_BAB_III__240220111808.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031133_BAB_IV__240220111808.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031133_BAB_V__240220111808.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031133_DAFTAR_PUSTAKA__240220111808.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031133_LAMPIRAN__240220111808.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya motivasi dan habituasi belajar Al-Qur’an pada santri di TPA Nurul Huda Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bagaimana upaya yang dilakukan guru TPA dalam pemberian motivasi dan habituasi belajar Al-Qur’an pada santri di TPA Nurul Huda Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. 2) mendeskrispsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru TPA dalam pemberian motivasi dan habituasi belajar Al-Qur’an pada santri di TPA Nurul Huda Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis metode penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu peneliti memberikan gambaran dan mendeskripsikan secara mendalam terkait dengan upaya guru TPA dalam pemberian motivasi dan habituasi belajar Al-Qur’an pada santri, serta faktor pendukung dan faktor penghambat guru TPA dalam pemberian motivasi dan habituasi belajar Al-Qur’an pada santri di TPA Nurul Huda Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Sumber datanya yaitu berupa data primer dan data sekunder. Adapun teknik dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian tersebut.
Hasil penelitian yang telah dilakukan di TPA Nurul Huda Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang ini bahwa, upaya guru TPA dalam pemberian motivasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu dengan memberikan pujian, memberikan hadiah, mengetahui hasil belajar, serta mengadakan kegiatan refreshing di luar lingkungan TPA, sedangkan upaya guru TPA dalam pemberian habituasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu dengan memberikan buku monitoring dan evaluasi, membuat grup WhatsApp, serta meningkatkan efektivitas pembelajaran di TPA. Faktor pendukung guru TPA dalam pemberian motivasi dan habituasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu adanya kerjasama antara orang tua/wali santri dengan guru TPA, serta tersedianya sarana belajar, sedangkan faktor penghambat guru TPA dalam pemberian motivasi dan habituasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu teman sebaya dan media massa seperti handphone.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: guru tpa, motivasi belajar, habituasi belajar, al-qur'an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 06 May 2024 01:25
Last Modified: 06 May 2024 01:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62328

Actions (login required)

View Item View Item