Purwanto, Joko (2024) Strategi Guru PAI dalam mendidik anak berkebutuhan khusus tunagrahita kelas 4 di SLB Bangun Putra Kasihan Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031295_JUDUL__240308120131.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031295_BAB_I__240307023415.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031295_BAB_II__240307023415.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900031295_BAB_III__240307023415.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031295_BAB_IV__240307023415.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900031295_BAB_V__240307023415.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031295_DAFTAR_PUSTAKA__240307023415.pdf Download (195kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031295_LAMPIRAN__240307023415.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sekolah adalah tempat pengajaran kepada siswa dengan bimbingan guru yang dirancang dalam sistem pendidikan formal atau kurikulum. Pencapaian target kurikulum sangat berkaitan dengan strategi guru dalam mendidik siswa, terutama siswa yang memiliki kebutuhan khusus seperti tunagrahita, dimana ia memiliki kesulitan dalam pembelajaran maka strategi guru PAI membantu siswa tunagrahita dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam mendidik anak berkebutuhan khusus tunagrahita kelas 4 di SLB Bangun Putra Kasihan Bantul dan (2) faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam mendidik anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB Bangun Putra Kasihan Bantul.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diambil berdasarkan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, guru wali kelas 4, orang tua siswa tunagrahita kelas 4, sedangkan data sekundernya diperoleh dari artikel jurnal, buku, dan hasil penelitian terdahulu. Keabsahan data ditinjau menggunakan triangulasi sumber untuk menguji kreadibilitas data. Teknik analisis dalam penelitian ini melalui tiga alur yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian yang dilaksanakan di SLB Bangun Putra Kasihan Bantul dalam proses pembelajarannya menggunakan beberapa strategi dianataranya strategi pembelajaran individualisasikan, strategi motivasi, strategi pendekatan individualisasi, dan strategi tahapan pembelajaran. Adapun strategi pembelajaran ada beberapa tahapan yaitu, Tahap pendahuluan adalah membuka pembelajaran, Tahap inti dengan metode: ceramah, demonstrasi, tanya jawab, penugasan, pengulangan, pembiasaan, dan terakhir tahap penutup pembelajaran. Penerapan strategi guru di SLB Bangun Putra Kasihan Bantul menjadi peran penting yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang konduktif dengan cara mendorong siswa tunagrahita untuk aktif dan memberikan motivasi kepada anak tunagrahita. Selain itu ada faktor pendukung dan penghambat guru dalam mendidik anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Faktor penghambat tidak menjadikan masalah yang besar karena solusi yang digunakan oleh guru dibidang pihak akademik, membimbing sikap agar berperilaku adaptif, dan membimbing siswa tunagrahita menyesuaikan kehidupan sosial yang sudah tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | faktor pendukung siswa berkebutuhan khusus, siswa tunagrahita, strategi pembelajaran pada siswa berkebutuhan khusus |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 03 May 2024 02:41 |
Last Modified: | 03 May 2024 02:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62331 |
Actions (login required)
View Item |