Sari, Triska Candra (2024) Analisis praktek metode storytelling perspektif psikologi komunikasi dalam menanamkan nilai-nilai agama dan budi pekerti di Raudhatul Athfal (RA) Miftahus Shudur. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207052003_JUDUL__240304124449.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207052003_BAB_I__240304124449.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207052003_BAB_II__240304124449.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text (BAB III)
T2_2207052003_BAB_III__240304124449.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
Text (BAB IV)
T2_2207052003_BAB_IV__240304124449.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
|
Text (BAB V)
T2_2207052003_BAB_V__240304124449.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207052003_DAFTAR_PUSTAKA__240304124449.pdf Download (191kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207052003_LAMPIRAN__240304124449.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2207052003_NASKAH_PUBLIKASI__240304124449.pdf Download (441kB) |
Abstract
Nilai-nilai agama dan budi pekerti mempengaruhi kualitas kepribadian sehingga perlu ditanamkan sejak dini. Adanya PAUD menjadi wujud tanggungjawab pemerintah. Pendidikan untuk anak usia dini memerlukan metode yang sesuai dengan keadaan siswa. Karakternya yang peka terhadap stimulus, maka metode storytelling dipilih sebagai aktivitas bercerita yang dapat meningkatkan kemampuan anak di RA Miftahus Shudur yang aktif dan interaktif dalam mengembangkan semua potensi. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pembelajaran dengan metode storytelling dalam menanamkan nilai-nilai agama dan budi pekerti disertai dengan analisis secara psikologi komunikasi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan di RA Miftahus Shudur, dengan subjeknya yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis dengan Langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Data yang diperoleh dijamin keabsahannya melalui cara triangulasi sumber, teknik pengumpulan data dan waktu agar kredibel.
Hasil penelitian menyimpulkan, pertama proses pembelajaran dengan metode storytelling ada tiga tahap yaitu pembukaan, inti dan penutup. Pembukaan terdiri dari berdoa, bertanya kabar, membaca surat pendek. Pada kegiatan inti guru menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan storytelling dengan tema hadist kasih sayang dan menjenguk orang sakit, ice breaking dan evaluasi. Terakhir kegiatan penutup siswa diwajibkan merapikan tempat belajar dan berdoa bersama sebagai wujud syukur. Kedua, setiap tahap pembelajaran terdapat prinsip psikologi komunikasi yaitu penerimaan stimulus, proses stimulus, prediksi respon dan peneguhan respon. Penerimaan stimulus (suara, orang, gambar, warna) oleh indera (telinga, mata, peraba) dan proses stimulus yang terjadi dalam diri siswa, ada dalam tahap pembukaan dan inti pembelajaran. Sedangkan prediksi respon (harapan guru bahwa pesan storytelling tersampaikan) dan peneguhan respon (feedback) masuk dalam tahap pembelajaran yaitu penutup. Mengatasi prediksi respon yang belum tercapai, yaitu dengan cara guru memberikan jawaban pancingan atau mengulang pertanyaan, mengubah cara mengajar, menambah variasi media.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | metode storytelling, psikologi komunikasi, nilai-nilai agama dan budi pekerti |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 03 May 2024 02:07 |
Last Modified: | 03 May 2024 02:07 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62341 |
Actions (login required)
View Item |