Asrini, Vivi Indri (2024) Analisis metode pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar perspektif pendidikan Ibnu Miskawah di Kelas 1 SD Negeri Kalangan Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207052001_JUDUL__240323011105.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207052001_BAB_I__240321122525.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207052001_BAB_II__240321122525.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text (BAB III)
T2_2207052001_BAB_III__240321122525.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text (BAB IV)
T2_2207052001_BAB_IV__240321122525.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text (BAB V)
T2_2207052001_BAB_V__240321122525.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207052001_DAFTAR_PUSTAKA__240321122525.pdf Download (226kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207052001_LAMPIRAN__240321122525.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2207052001_NASKAH_PUBLIKASI__240321122525.pdf Download (275kB) |
Abstract
Pendidikan agama memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Sehingga Pendidikan seharusnya mampu menciptakan pengetahuan serta pendalaman terkait dengan karakter dan akhlakul karaimah, akan tetapi nyatanya banyak sekolahan yang tidak mampu menciptakan siswa yang berkarakter seperti tauran antar sekolah, maka sekolah membutuhkan metode dalam proses belajar yang baik sehingga dapat menciptakan siswa yang berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran PAI di SDN Kalangan Yogyakarta dan konsep pembelajaran perspektif Ibnu Miskawaih serta metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Kalangan terhadap pandangan Ibnu Miskawaih.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian ini berhubungan dengan pendidikan akhlak di SDN Kalangan Yogyakarta dengan menggunakan pemikiran Ibnu Miskawaih. Subjek penelitian SDN Kalangan dengan melibatkan kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi yang dilakukan di SDN Kalangan terhadap cara pengajaran guru dan siswa, wawancara dilakukan pada kepala sekolah, guru PAI dan Siswa yang sekiranya dapat memberikan data, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun Teknik keabsahan data dilakukan peneliti dengan triangulasi data dan triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran yang diaplikasikan di SDN Kalangan berupa metode ceramah, bermain, cerita dan diskusi hal ini terbilang efektif dalam proses belajar. Selain itu penelitian ini disajikan dalam bentuk sub bab yang dinarasikan, sesuai dengan pemikiran Ibnu Miskwaih terkait konsep dan metode pembelajaran yang terdapat dalam kitab “Tahdhib al-akhklak” karya Ibnu Miskawaih. Konsep pembelajaran seperti tujuan Pendidikan, moralitas dan proses pembelajaran, selain itu metode pembelajaran dibagi empat pembahasan tentang metode pembelajaran yaitu: ketekunan (muraja’ah), Pemahaman mendalam (Tafahhum), Kreativitas dan penerapan (istifadah), Pendidikan Karakter (tahdib) yang dikaitkan dengan metode pembelajaran PAI yang diaplikasikan di SDN Kalangan sepeti metode ceramah, bermain peran dan diskusi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | metode pembelajaran, pendidikan agama islam, sekolah dasar, ibnu miskawah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 02:31 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62345 |
Actions (login required)
View Item |