Khasanah, Mirsatun (2024) Eksplorasi etnomatematika pada Permainan Tradisional Congklak. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2015006031_JUDUL__240325120957.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2015006031_BAB_I__240325120957.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
T1_2015006031_BAB_II__240325120957.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB III)
T1_2015006031_BAB_III__240325120957.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2015006031_BAB_IV__240325120957.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
T1_2015006031_BAB_V__240325120957.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2015006031_DAFTAR_PUSTAKA__240325120957.pdf Download (2MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2015006031_LAMPIRAN__240325120957.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Etnomatematika adalah suatu paradigma pendidikan matematika yang
mendasarkan dirinya pada keterlibatan dan integrasi ide, konsep, dan praktik
matematika yang terakulturasi dalam konteks budaya masyarakat tertentu. Salah satu kebudayaan yang ada yaitu permainan tradisional. Untuk itu peneliti melakukan penelitian terhadap permainan tradisional congklak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pelaksanaan permainan tradisional congklak. (2) Mengetahui nilai-nilai historis yang terkandung dalam permainan tradisional congklak. (3) Mengetahui dan mendeskripsikan konsep modulo yang terdapat dalam permainan tradisional congklak.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Objek penelitian ini adalah Permainan Tradisional Congklak terkait aspek historis dan konsep matematika materi modulo. Sedangkan subjek
penelitian ini adalah pengelola Kampoeng Dolanan Nusantara Borobudur dan
Pengelola Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga sebagai narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kebasahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa permainan tradisional congklak bukan
permainan tradisional asli Jawa. Namun, telah ada di berbagai daerah di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda dari sejak dulu. Papan congklak dan biji congklak yang digunakan bergantung pada keadaan alam setiap daerah. Jadi tidak selalu menggunakan papan kayu dan biji sawo kecik. Permainan tradisional congklak ini memiliki filosofi yang dalam terkait dengan sistem pertanian. Permainan congklak ini dapat dimainkan oleh dua orang. Cara bermainnya yaitu dengan mendistribusikan biji congklak dan yang paling banyak biji congklak yang ada di lumbungnya maka akan menjadi pemenangnya. Dalam penelitian ini peneliti mengeksplorasi bahwa terdapat konsep modulo yang ditemukan dalam permainan congklak, dimana konsep modulo tersebut untuk menentukan posisi biji terakhir yang dibagikan. Selain itu juga ditemukan unsur matematika lain yaitu perhitungan penjumlahan. Konsep modulo yang ditemukan dapat digunakan sebagai konteks alternatif pembelajaran matematika pada materi operasi modulo aritmetika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | etnomatematika, permainan tradisional congklak, etnografi, matematika, konsep modulo |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:35 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62369 |
Actions (login required)
View Item |