Prasetyorini, Dhara Ayu (2024) Pengembangan soft skills dalam konteks disiplin, aktif, dan kerjasama tim berbasis android di SMK Muhammadiyah Lumajang. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2107049013_JUDUL__240326061322.pdf Download (630kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2107049013_BAB_I__240326061322.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2107049013_BAB_II__240326061322.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2107049013_BAB_III__240326061322.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2107049013_BAB_IV__240326061322.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2107049013_BAB_V__240326061322.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2107049013_DAFTAR_PUSTAKA__240326061322.pdf Download (363kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2107049013_LAMPIRAN__240326061322.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan Aplikasi Android Untuk Penumbuhan Soft Skills Dalam Konteks Disiplin, Aktif Dan Kerja Sama Tim Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan, Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menganalisis pelaksanaan pembelajaran soft skills di SMK Muhammadiyah Lumajang saat ini; (2) mengembangkan soft skills dalam konteks disiplin, aktif dan kerja sama tim berbasis android di SMK Muhammadiyah Lumajang; (3) menguji efektivitas dan mengetahui perbedaan sebelum dan setelah pengembangan soft skills dalam konteks disiplin, aktif dan kerja sama tim berbasis android yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Lumajang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau research and development, dengan pengembangan model analyze, design, development, implementation, evaluation. Sampel penelitian ini yaitu 62 peserta didik dengan pengelompokan 31 dari kelas XI Layanan Kesehatan 1 dan 31 dari kelas XI Layanan Kesehatan 2 SMK Muhammadiyah Lumajang. Kelompok 1 (XI LK 1) ditetapkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok 2 (XI LK 2) ditetapkan menjadi kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu angket self report. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan SPSS versi 22 dengan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukan: (1) penerapan soft skills di SMK Muhammadiyah Lumajang didapatkan data bahwa masih perlu adanya peningkatan soft skills utamanya pada konteks disiplin, aktif, dan kerja sama tim; (2) pengembangan soft skills yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pengembangan aplikasi android pada pembelajaran soft skills dalam konteks disiplin, aktif, dan kerja sama tim bagi peserta didik keperawatan di SMK Muhammadiyah Lumajang; (3) hasil implementasi pengembangan aplikasi android pada pembelajaran soft skills yaitu efektif digunakan dan ada perbedaan sebelum dan setelah penggunaan aplikasi tersebut dengan menunjukan hasil 0,000 pada aspek disiplin dan kerja sama tim sedangkan pada aspek aktif memiliki hasil 0,001. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan aplikasi android untuk penumbuhan soft skills dalam konteks disiplin, aktif, dan kerja sama tim efektif digunakan dalam pembelajaran pada peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Lumajang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Soft skills, android, media pembelajaran, SMK |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > FKIP Doc |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 27 Apr 2024 07:56 |
Last Modified: | 27 Apr 2024 07:56 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62457 |
Actions (login required)
View Item |