Syadiah, Neno Halimatus (2024) Pengembangan media pop-up book materi Kerajaan Hindu di Indonesia untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005055_JUDUL__240427024021.pdf Download (705kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005055_BAB_I__240427024021.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005055_BAB_II__240427024021.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900005055_BAB_III__240427024021.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005055_BAB_IV__240427024021.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900005055_BAB_V__240427024021.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005055_DAFTAR_PUSTAKA__240427024021.pdf Download (211kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005055_LAMPIRAN__240427024021.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005055_NASKAH_PUBLIKASI__240427024021.pdf Download (488kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS, terutama pada mata pelajaran IPS materi kerajaan Hindu di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media Pop-Up Book kerajaan Hindu yang berkualitas untuk kelas IV sekolah dasar sebagai media pembelajaran, (2) menguji kualitas media Pop-Up Book kerajaan Hindu untuk kelas IV sekolah dasar sebagai media pembelajaran, dan (3) menguji kelayakan media Pop-Up Book kerajaan Hindu untuk kelas IV sekolah dasar sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan RnD dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Subjek uji coba penelitian ini yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 33 anak dan juga guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media Pop-Up Book materi kerajaan Hindu untuk siswa kelas IV sekolah dasar menggunakan metode ADDIE melalui 5 tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Kualitas produk pada media Pop-Up Book kerajaan Hindu menghasilkan penilaian ahli media 87,6 (sangat baik), penilaian ahli pembelajaran 89,3 (sangat baik), dan penilaian ahli materi 90 (sangat baik). (3) Kelayakan produk pada media Pop-Up Book kerajaan Hindu menghasilkan penilaian dari siswa 98,3 (sangat baik), dan penilaian dari guru 92 (sangat baik). Dengan demikian, media Pop-Up Book media Pop-Up Book ini bisa menjadi salah satu alternatif media pembelajaran IPAS untuk siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | media pop-up book, pembelajaran IPAS Kerajaan Hindu |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 05:40 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 05:40 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62804 |
Actions (login required)
View Item |