Rachman, Deny (2024) Pembelajaran ilmu tajwid bagi siswa tunarungu di SLB Islam Qothrunnada Banguntapab Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000028056_JUDUL__240324011211.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000028056_BAB_I__240324011211.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000028056_BAB_II__240324011211.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000028056_BAB_III__240324011211.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000028056_BAB_IV__240324011211.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000028056_BAB_V__240324011211.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000028056_DAFTAR_PUSTAKA__240324011211.pdf Download (2MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000028056_LAMPIRAN__240324011211.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Setiap manusia mempunyai kedudukan yang sama dalam semua hal untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. pembelajaran ilmu tajwid harus di ajarkan sejak dini. Meningkatkan kemampuan anak dalam pembelajaran ilmu tajwid, dibutuhkan metode yang tepat dalam pembelajarannya. Apalagi pada siswa berkebutuhan khusus dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dan factor-factor pendukung dalam pembelajaran ilmu tajwid di SLB Islam Qothrunnada Banguntapan Bantul.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek dan obyek penelitiannya mecakup kepada kepala sekolah, guru kelas, siswa ABK tunarungu dan lingkungan sekolah. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah SLB telah menjadikan pembelajaran ilmu tajwid sebagai pembelajaran yang dapat memberikan siswa cara membaca kitab suci Al-Quran dengan baik dan benar dengan menggunakan metode AMABA untuk mempermudan pembelajaran ilmu tajwid. Kesimpulan penelitian pembelajaran ilmu tajwid bagi siswa tunarungu di SLB Islam Qothrunnada Banguntapan Bantul Meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan pengamatan dan hasil sebagai evaluasi akhir. Faktor pendukungnya yaitu adanya pendidik atau guru, kurikulum yang baik. Faktor penghambat yaitu karakteristik dan pemahaman yang berbeda setiap siswa mempengaruhi cepat tangkap pembelajaran, kurangnya kreatifitas dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran, ilmu tajwid, siwa tunarungu |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 07 May 2024 03:49 |
Last Modified: | 07 May 2024 03:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62877 |
Actions (login required)
View Item |