Pembelajaran ilmu tajwid bagi siswa tunarungu di SLB Islam Qothrunnada Banguntapab Bantul

Rachman, Deny (2024) Pembelajaran ilmu tajwid bagi siswa tunarungu di SLB Islam Qothrunnada Banguntapab Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000028056_JUDUL__240324011211.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000028056_BAB_I__240324011211.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000028056_BAB_II__240324011211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000028056_BAB_III__240324011211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000028056_BAB_IV__240324011211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000028056_BAB_V__240324011211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000028056_DAFTAR_PUSTAKA__240324011211.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000028056_LAMPIRAN__240324011211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setiap manusia mempunyai kedudukan yang sama dalam semua hal untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. pembelajaran ilmu tajwid harus di ajarkan sejak dini. Meningkatkan kemampuan anak dalam pembelajaran ilmu tajwid, dibutuhkan metode yang tepat dalam pembelajarannya. Apalagi pada siswa berkebutuhan khusus dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dan factor-factor pendukung dalam pembelajaran ilmu tajwid di SLB Islam Qothrunnada Banguntapan Bantul.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek dan obyek penelitiannya mecakup kepada kepala sekolah, guru kelas, siswa ABK tunarungu dan lingkungan sekolah. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah SLB telah menjadikan pembelajaran ilmu tajwid sebagai pembelajaran yang dapat memberikan siswa cara membaca kitab suci Al-Quran dengan baik dan benar dengan menggunakan metode AMABA untuk mempermudan pembelajaran ilmu tajwid. Kesimpulan penelitian pembelajaran ilmu tajwid bagi siswa tunarungu di SLB Islam Qothrunnada Banguntapan Bantul Meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan pengamatan dan hasil sebagai evaluasi akhir. Faktor pendukungnya yaitu adanya pendidik atau guru, kurikulum yang baik. Faktor penghambat yaitu karakteristik dan pemahaman yang berbeda setiap siswa mempengaruhi cepat tangkap pembelajaran, kurangnya kreatifitas dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pembelajaran, ilmu tajwid, siwa tunarungu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 07 May 2024 03:49
Last Modified: 07 May 2024 03:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62877

Actions (login required)

View Item View Item