Efektivitas model teams games tournament terhadap hasil belajar IPA kelas 5 SD Negeri Linggapura 02

Setiawan, Muhamad Arief (2024) Efektivitas model teams games tournament terhadap hasil belajar IPA kelas 5 SD Negeri Linggapura 02. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005309_JUDUL__240315013843.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005309_BAB_I__240307011709.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005309_BAB_II__240307010030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005309_BAB_III__240307010030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005309_BAB_IV__240307010030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005309_BAB_V__240307010030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005309_DAFTAR_PUSTAKA__240307010030.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005309_LAMPIRAN__240307013438.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA mengajarkan peserta didik agar bekerja secara ilmiah dan bekerjasama, karena pada hakikatnya IPA merupakan pemahaman konsep peserta didik dalam memahami fenomena dan alam. Penggunaan model pembelajaran yang akurat pada pembelajaran IPA berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Namun pada kenyataanya penggunaan model pembelajaran yang diterapkan secara ceramah dan penugasaan saja. Akibatnya hasil belajar peserta didik rendah terutama pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Temas Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pada materi perubahan wujud dan zat kelas V di SD Negeri Linggapura 02.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis Quasi Eksperiment. Desain penelitian ini yaitu One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan satu kelas yaitu peserta didik kelas 5 di SD Negeri Linggapura 02. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu seluruh populasi digunakan sebagi sampel. Variabel yang diteliti adalah model digunakan sebagai sampel. Variabel yang diteliti adalah Teams Games Tournament (TGT) (Variabel X) dan Hasil belajar IPA (Variabel Y). Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini yaitu tes pilihan ganda dan dokumentasi
Hasil data dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Teknik analisis dan uji-t dengan bantuan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah peneliti menerapkan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Hasil rata-rata nilai menunjukan nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest 62,5 dan nilai posttest 79. Hasil uji hipotesis menggunakan teknik uji-t sampel berpasangan atau paired sample t-test menunjukan nilai sig 0,000 < 0,05, karena sig < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan dalam penerapan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA peserta didik Kelas 5 di SD Negeri Linggapura 02.

Kata kunci: Teams Games Tournament, Hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Teams games tournament, hasil belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 07 May 2024 03:52
Last Modified: 07 May 2024 03:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62881

Actions (login required)

View Item View Item