Zufar, Muflih Abdullah (2024) Analisis kemampuan penalaran logis kelas VIII Madrasah Mu'allimin pada materi pola bilangan ditinjau dari gaya berpikir gregorc. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006014_JUDUL__240318111615.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006014_BAB_I__240318111615.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006014_BAB_II__240318111615.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006014_BAB_III__240318111615.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006014_BAB_IV__240318111615.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006014_BAB_V__240318111615.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006014_DAFTAR_PUSTAKA__240318111615.pdf Download (154kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006014_LAMPIRAN__240318111615.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan turunnya kemampuan Matematika Siswa yang dirasakan oleh Guru Matematika Madrasah Mu’allimin sebagai indikasi kemampuan penalaran logis. Guru tidak dapat menganalisis proses pekerjaan siswa karena metode ujian menggunakan Computer Based Test (CBT) yang hanya memberikan hasil akhir. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memetakan gaya berpikir siswa berdasarkan teori gaya berpikir Gregorc, (2) mengetahui kemampuan penalaran Gaya Berpikir Sekuensional Konkret (SK), (3) mengetahui kemampuan penalaran Gaya Berpikir Sekuensional Abstrak (SA), (4) mengetahui kemampuan penalaran Gaya Berpikir Acak Abstrak (AA), (5) mengetahui kemampuan penalaran Gaya Berpikir Acak Konkret (AK).
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang siswa Kelas VIII Reguler Madrasah Mu’allimin sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan penalaran logis pada materi pola bilangan dan gaya berpikir siswa. Metode pengumpulan data, yaitu angket, tes tertulis, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah instrumen utama (peneliti) dan instrumen pendukung berupa: angket gaya berpikir, soal tes, dan pedoman wawancara yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dilakukan analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Gaya Berpikir Acak Abstrak (AA) menjadi gaya berpikir yang mendominasi siswa Kelas 2 Reguler. Kemampuan penalaran siswa dalam kategori Sangat Tinggi dimiliki oleh Gaya Berpikir Sekuensional Konkret (SK). Kategori Tinggi dimiliki Gaya Berpikir Sekuensional Abstrak (SA). Terakhir kategori Cukup Tinggi dimiliki Gaya Berpikir Acak Abstrak (AA) dan Acak Konkret (AK). Seluruh kategori memiliki perbedaan kemampuan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Gaya berpikir, gregorc, penalaran logis, pola bilangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 14 May 2024 07:18 |
Last Modified: | 14 May 2024 07:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62893 |
Actions (login required)
View Item |