Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3

Fitriawati, Hesti (2024) Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005255_JUDUL__240311111856.pdf

Download (861kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005255_BAB_I__240311111856.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005255_BAB_II__240311111856.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005255_BAB_III__240311111856.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005255_BAB_IV__240311111856.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005255_BAB_V__240311111856.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005255_DAFTAR_PUSTAKA__240311111856.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005255_LAMPIRAN__240311111856.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005255_NASKAH_PUBLIKASI__240311111856.pdf

Download (449kB)

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter merupakan rencana pengembangan nasional. Budaya sekolah juga merupakan salah satu unsur sekolah yang penting dalam mendukung peningkatan prestasi dan mutu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi penguatan Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V, guru, kepala sekolah. Objek penelitian yaitu implementasi penguatan Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik dan sumber. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi penguatan Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah mencakup nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, integritas. Berdasarkan 3 lapisan yaitu budaya artefak, nilai, asumsi. Budaya artefak terdiri dari kegiatan pembiasaan sehari-hari. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain sholat berjamaah, berdoa, toleransi, infaq, 5S (Senyum, salam, sapa, sopan, santun), upacara bendera, memakai seragam sekolah, ekstrakurikuler, dan untuk melakukan kegiatan terdapat sarana prasarana. Budaya nilai berupa guru menjadi teladan bagi peserta didik. Budaya asumsi berupa guru penting dalam mensukseskan karakter. Untuk faktor pendukungnya yaitu dengan adanya dukungan dari orang tua, guru, kepala sekolah dan adanya sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu jika tidak ada dukungan dari orang tua. Karena walaupun sekolah sudah berupaya sebaik mungkin tetapi tanpa adanya dukungan orang tua akan menjadi penghambat.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi, pendidikan karakter, budaya sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 15 May 2024 02:39
Last Modified: 15 May 2024 02:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62908

Actions (login required)

View Item View Item