Kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran multiliterasi pada kurikulum merdeka

Sahila, Rashika Ardafa (2024) Kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran multiliterasi pada kurikulum merdeka. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2011005216_JUDUL__240306105818.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2011005216_BAB_I__240306103220.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2011005216_BAB_II__240306103220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2011005216_BAB_III__240306103220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2011005216_BAB_IV__240306103220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2011005216_BAB_V__240306103220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2011005216_DAFTAR_PUSTAKA__240306103220.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2011005216_LAMPIRAN__240306111027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2011005216_NASKAH_PUBLIKASI__240306103220.pdf

Download (474kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik tidak hanya mengenai persolan administrasi perangkat pembelajaran, tetapi juga bermakna untuk mencapai tujuan dari peserta didik. Salah satu upaya untuk memperbaiki permasalahan tersebut adalah pembelajaran multilitetasi. Multiliterasi tidak hanya sebatas membaca dan menulis, tetapi lebih luas mengenai sumber informasi yang beragam. Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi pedagogik guru sekolah dasar dalam menerapkan pembelajaran multiliterasi pada Kurikulum Merdeka terkhusus bagian praktik di kelas dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru dalam menerapkan pembelajaran multiliterasi pada Kurikulum Merdeka dalam praktik belajar mengajar di kelas. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Pejawaran.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis dengan uji keabsahan menurut miles Huberman dan software NVivo 14 Plus. Keabsahan data yang digunakan adalah menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah Guru SD Negeri 2 Pejawaran sudah menerapkan kompetensi pendagogik dengan baik dengan ditandai Lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik pada pembelajaran multilititerasi, Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik pada pembelajaran multiliterasi, Asesmen, umpan balik, dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik pembelajaran multiliterasi, Menggunakan sumber informasi belajar yang beragam, Penilaian kritis terhadap sumber dari informasi, Produksi, presentasi, dan berbagai informasi melalui berbagai teks, Mendukung penggunaan multiliterasi untuk mempromosikan kebaikan. Adapun factor pendukung adalah rekan guru, pojok baca, peserta didik, perpustakaan, aplikasi Merdeka Mengajar, dan Mading. Selain itu faktor penghambat adala ketersediaan buku di perpustakaan sekolah. Serta solusi yang dilakukan adalah melakukan open donasi buku secara online dan offline.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kurikulum merdeka, multiliterasi, pedagogik, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 15 May 2024 06:10
Last Modified: 15 May 2024 06:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62918

Actions (login required)

View Item View Item