Pambayun, Amanda Rahma (2024) Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta pada materi teorema pythagoras ditinjau dari gaya belajar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006051_JUDUL__240308053523.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006051_BAB_I__240308053523.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006051_BAB_II__240308053523.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006051_BAB_III__240308053523.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006051_BAB_IV__240308053523.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006051_BAB_V__240308053523.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006051_DAFTAR_PUSTAKA__240308053523.pdf Download (194kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006051_LAMPIRAN__240308053523.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu kompetensi yang dibutuhkan pada abad-21 adalah kemampuan literasi matematika. Akan tetapi, dalam hasil PISA kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih di bawah rata-rata. Salah satu faktor yang mungkin mempengaruhi adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta pada materi teorema Pythagoras dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari gaya belajar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini melibatkan 33 siswa dalam satu kelas tersebut, kemudian dipilih 9 subjek. Objek penelitian ini adalah kemampuan literasi matematika siswa pada materi teorema Pythagoras ditinjau dari gaya belajar. Teknik pengumpulan data yaitu angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa 9,09% siswa yang memiliki gaya belajar visual, 33,33% siswa dengan gaya belajar audiotori, dan 36,36% siswa dengan gaya belajar kinestetik. Selanjutnya, untuk kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar visual dapat melaksanakan semua tahap yaitu merumuskan, menerapkan, menafsirkan, dan mengevaluasi solusi. Kemudian, kemampuan literasi siswa dengan gaya belajar audiotori dan gaya belajar kinestetik masing-masing dapat melaksanakan tahap merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kemampuan Literasi Matematika, Gaya Belajar, Teorema Pythagoras |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:12 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62919 |
Actions (login required)
View Item |