Amelia, Firdha (2024) Hubungan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000013086_JUDUL__240316010357.pdf Download (624kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000013086_BAB_I__240315113759.pdf Download (482kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000013086_BAB_II__240315113759.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000013086_BAB_III__240315113759.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000013086_BAB_IV__240315113759.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000013086_BAB_V__240315113759.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013086_DAFTAR_PUSTAKA__240315113759.pdf Download (473kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000013086_LAMPIRAN__240315113759.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013086_NASKAH_PUBLIKASI__240315113800.pdf Download (175kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. Jumlah populasi yaitu 212 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 120 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala kesiapan belajar dan skala kepercayaan diri serta nilai Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) 1 Tahun ajaran 2023/2024. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan koefisien (R) sebesar 0,603 dengan taraf signifikan p=0,000 (p < 0,01), artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar. Kesiapan belajar dengan prestasi belajar memiliki koefisien korelasi parsial (r) sebesar 0,278 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,003 (p < 0,01) yang berarti sangat signifikan artinya dengan mengontrol kepercayaan diri, ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar. Kepercayaan diri dengan prestasi belajar memiliki koefisien korelasi parsial (r) sebesar 0,200 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,036 (p < 0,05) yang berarti signifikan, artinya dengan mengontrol kesiapan belajar terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa. Kesiapan belajar dengan prestasi belajar memiliki kontribusi sebesar 21,63�n kepercayaan diri dengan prestasi belajar memiliki kontribusi 14,70%, dapat dikatakan bahwa kesiapan belajar memiliki kontribusi lebih tinggi dan apabila kesiapan belajar siswa tinggi maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar pada siswa. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kesiapan belajar, kepercayaan diri, prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:21 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:21 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62929 |
Actions (login required)
View Item |