Hubungan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul

Amelia, Firdha (2024) Hubungan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000013086_JUDUL__240316010357.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000013086_BAB_I__240315113759.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000013086_BAB_II__240315113759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000013086_BAB_III__240315113759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000013086_BAB_IV__240315113759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000013086_BAB_V__240315113759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013086_DAFTAR_PUSTAKA__240315113759.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000013086_LAMPIRAN__240315113759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013086_NASKAH_PUBLIKASI__240315113800.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. Jumlah populasi yaitu 212 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 120 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala kesiapan belajar dan skala kepercayaan diri serta nilai Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) 1 Tahun ajaran 2023/2024. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan koefisien (R) sebesar 0,603 dengan taraf signifikan p=0,000 (p < 0,01), artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar. Kesiapan belajar dengan prestasi belajar memiliki koefisien korelasi parsial (r) sebesar 0,278 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,003 (p < 0,01) yang berarti sangat signifikan artinya dengan mengontrol kepercayaan diri, ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar. Kepercayaan diri dengan prestasi belajar memiliki koefisien korelasi parsial (r) sebesar 0,200 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,036 (p < 0,05) yang berarti signifikan, artinya dengan mengontrol kesiapan belajar terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa. Kesiapan belajar dengan prestasi belajar memiliki kontribusi sebesar 21,63�n kepercayaan diri dengan prestasi belajar memiliki kontribusi 14,70%, dapat dikatakan bahwa kesiapan belajar memiliki kontribusi lebih tinggi dan apabila kesiapan belajar siswa tinggi maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar pada siswa. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kesiapan belajar, kepercayaan diri, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 15 May 2024 06:21
Last Modified: 15 May 2024 06:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62929

Actions (login required)

View Item View Item