Rahayu, Viranika Ade (2024) Implementasi Program Milenial Qur'ani di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005279_JUDUL__240321083630.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005279_BAB_I__240321083630.pdf Download (971kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005279_BAB_II__240321083630.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005279_BAB_III__240321083630.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005279_BAB_IV__240321083630.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005279_BAB_V__240321083630.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005279_DAFTAR_PUSTAKA__240321083630.pdf Download (976kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005279_LAMPIRAN__240321083630.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi yang sudah memasuki revolusi industri 4.0 menjadikan Sumber Daya Manusia tidak dapat lepas dari teknologi. Oleh karena itu, sekolah sebagai lembaga formal harus memiliki sebuah program yang mendukung perkembangan zaman dengan menyelipkan nilai-nilai keislaman dalam pelaksanaan program tersebut. SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta memiliki Program Milenial Qur’ani yang harapannya dapat membentuk peserta didik menjadi manusia milenial yang mengikuti perkembangan zaman tetapi jiwanya tetap qur’ani dimana dasar agama tetap menjadi bagian dari setiap hidupnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui ragam program Milenial Qur’ani yang ada di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta, peran guru, serta tantangan dan solusi dalam implementasi program Milenial Qur’ani. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan wawancara melibatkan kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang tua. Keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi dengan menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang langkah-langkahnya, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta memiliki program unggulan, yaitu tahfidz yang terbagi menjadi Tahsin metode ummi untuk kelas 1 dan 2, tahfidz klasikal dengan metode kibar untuk kelas 3, 4, 5, dan 6, serta kelas takhassus untuk kelas 1 – 6 sebagai kelas khusus untuk memfokuskan hafalan peserta didik. Peran guru adalah sebagai pendamping dan koordinator tahfidz untuk menyimak bacaan, mengawasi, dan mengecek hafalan. Tantangan dalam melaksanakan program ini adalah peserta didik yang harus konsisten dalam melaksanakan kegiatan tahfidz dalam stor hafalan sehingga solusinya dengan selalu memberikan motivasi dan semangat agar konsisten mengikuti kegiatan tahfidz dalam stor hafalan. Selain itu, tantangan untuk guru adalah makraj huruf guru pendamping tidak boleh salah dan kesulitan dalam peralihan bacaan dari iqra ke metode ummi. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan memberikan bimbingan internal dan memberikan buku pedoman ummi untuk guru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Program sekolah, Milenial Qur'ani, kultur sekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 21 May 2024 01:59 |
Last Modified: | 21 May 2024 01:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62945 |
Actions (login required)
View Item |