Hariyadi, Bambang (2024) Strategi pendampingan teman sejawat dalam peningkatan kompetensi Guru produktif di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Dolopo. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2108049038_JUDUL__240402072158.pdf Download (764kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2108049038_BAB_I__240401023837.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2108049038_BAB_II__240401023837.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text (BAB III)
T2_2108049038_BAB_III__240401023837.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text (BAB IV)
T2_2108049038_BAB_IV__240401023837.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
|
Text (BAB V)
T2_2108049038_BAB_V__240401023837.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2108049038_DAFTAR_PUSTAKA__240401023837.pdf Download (462kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2108049038_LAMPIRAN__240402081128.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah; (1) Menganalisis kondisi kompetensi pedagogik guru produktif non kependidikan di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo, (2) Menganalisis strategi meningkatkan kompetensi pedagogik guru produktif non kependidikan melalui teman sejawat di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo, dan (3) Menganalisis faktor penunjang dan faktor penghambat pelaksanaan strategi teman sejawat di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian sebagai informan adalah wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang Kepeserta didikan, wakil kepala sekolah bidang sumber daya manusia, guru pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan interaktif Miles and Huberman, data interaktif ini lebih fokus untuk melihat bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo yang melibatkan berbagai aspek serta perlu untuk digali secara kontinyu dan komprehensif. Sehingga diharapkan dari data deskriptif berupa observasi wawancara atau lisan dari responden dan perilaku yang diamati mampu memberikan informasi tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru produktif di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo.
Hasil penelitian pendampingan teman sejawat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo adalah sebagai berikut: Pertama, terjadinya peningkatan signifikan kompetensi pedagogik guru produktif khususnya membuat perencanaan pembelajaran, kedua, membangun kedisiplinan dan kultural di sekolah, ketiga, membangun kedisiplinan dan memberikan dorongan yang bernilai positif bagi guru serta mendukung ide-ide baru. Faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan pendampingan teman sejawat untuk meningkatkan kompetensi pedagogik adalah 1. Kompetensi sosial antara guru sangat baik 2, Keinginan guru untuk berubah lebih baik, sedangkan faktor penghambat adalah banyaknya jam mengajar dan banyaknya peserta didik yang diajar, di dalam faktor pendukung dan penghambat diatas bisa diselesaikan dengan baik melalui program pendampingan teman sejawat yang dilaksanakan oleh guru SMK Muhammadiyah 3 Dolopo
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | smk, kompetensi guru, teman sejawat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 11 May 2024 07:41 |
Last Modified: | 11 May 2024 07:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62982 |
Actions (login required)
View Item |