Keefektifan konseling kelompok teknik adventure based counseling untuk meningkatkan academic hardiness Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Godean

Rahayu, Yuliyanti Indriani (2024) Keefektifan konseling kelompok teknik adventure based counseling untuk meningkatkan academic hardiness Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Godean. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001039_JUDUL__240425023934.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001039_BAB_I__240402111631.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001039_BAB_II__240402111631.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001039_BAB_III__240402111631.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001039_BAB_IV__240402111631.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001039_BAB_V__240402111631.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001039_DAFTAR_PUSTAKA__240402111631.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001039_LAMPIRAN__240402111631.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rahayu, Yuliyanti Indriani. 2024. Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Adevneture Based Counseling Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Peserta Didik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan
ABSTRAK
Perkembangan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat berpengaruh besar pada kehidupan sehari-hari, pengaruh teknologi ini dapat menyebabkan pengalih fungsian guru dan mengakibatkan guru menjadi tergantikan, karena sistem pembelajaran dapat dilakukan dengan hanya seorang diri. Masalah belajar siswa dan siswi saat ini sangat aktif dalam berbagai kegiatan oleh karena itu ada beberapa siswi dan siswi yang merasa kurang tanggap untuk mengahdapi pembelajaran atau kegiatan yang baru dilakukan untuk menunjang keberlangsungan proses belajar saat ini. Maka ada tingkat poin yang dapat peneliti lihat adanya tingkat rendah academic hardiness pada peserta didik atau rasa ketangguhan mengenai tantangan akademik yang dihadapi oleh peserta didik yang dirasa rendah ditandai dengan kurikulum peserta didik yang diganti sesuai dengan ketentuan pemerintahan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok teknik Adventure Based Counselinng (ABC) untuk meningkatkan academic hardiness peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena bertujuan untuk mengetahui perbandingan kelompok atau signifikansi hubungan antara variable. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan model one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 6 peserta didik dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang ada dari subjek berkisar dari skor rendah 28-56. Penelitian ini menggunakan intrumen skala academic hardiness. Pada analisis data menggunakan uji wilxocon dengan dilakukan uji normalitas serta uji homogenitas terlebih dahulu.
Penelitian ini menggunakan perhitungan SPSS dan dibuktikan dengan hasil nilai siginifikansi (Sig.) uji Kolmogorov-Smirnov yang dilakukan saat pretest sebesar 0,249 dan nilai Sig. posttest sebesar 0,128 terdapat hasil nilai Sig. pretest dan nilai Sig. posttest lebih besar (>) dari 0,05 sehingga data dapat dinyatakan berdistribusi normal dan pengujian hasil homogenitas nilai Sig, 0,001 lebih kecil (<) dari 0,05 sehingga data dapat dinyatakan berdistribusi data tidak homogen serta pengujian menggunakan uji wilcoxon dapat diketahui nilai Sig. sebesar 0,028 atau (<0,05) maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada perbedaan skor pretetst dan skor posttest sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok teknik adevnture based caounseling efektif untuk meningkatkan academic hardiness peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: academic hardiness, konseling kelompok, teknik adventure based counseling (abc)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 11 May 2024 07:41
Last Modified: 11 May 2024 07:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62984

Actions (login required)

View Item View Item