Hubungan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Darma

Amanda, Tiara Shally (2024) Hubungan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Darma. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001104_JUDUL__240425104220.pdf

Download (836kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001104_BAB_I__240425104220.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001104_BAB_II__240425104220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001104_BAB_III__240425104220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001104_BAB_IV__240425104220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001104_BAB_V__240425104220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001104_DAFTAR_PUSTAKA__240425104220.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800001104_LAMPIRAN__240425104220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Interaksi sosial adalah kunci dari segala kehidupan sosial, karena tanpa interaksi sosial tidak akan ada kehidupan dalam bermasyarakat. Salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah kepercayaan diri. Adanya kepercayaan diri yang tinggi akan membuat individu dapat berinteraksi dengan baik dalam berbagai situasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidak hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial, (2) mengetahui ada atau tidak hubungan antara aspek kepercayaan diri dengan interaksi sosial, dan (3) mengetahui ada atau tidak hubungan antara aspek interaksi sosial dengan kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 228 peserta didik dengan jumlah sampel 163 peserta didik yang diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumupulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah skala kepercayaan diri dan skala interaksi sosial. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan interaksi sosial, dan analisis regresi berganda untuk mengetahui hubungan masing-masing aspek terhadap variabel X dan Y, dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan ada hubungan signifikan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial. Semakin tinggi tingkat kepercayaan diri individu, maka semakin tinggi pula tingkat interaksi sosialnya. Dari hasil penelitian juga diperoleh dua aspek kepercayaan diri ada hubungan dengan interaksi sosial yaitu keyakinan kemampuan diri dengan nilai sig 0.005 dan aspek rasional dan realistis dengan nilai sig 0.000. Serta tiga aspek interaksi sosial yang terdapat hubungan dengan kepercayaan diri yaitu sikap dengan nilai sig 0.022, tingkah laku kelompok dengan nilai sig 0.000, dan norma sosial dengan nilai sig 0.000. Implementasi hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi dasar dalam memberikan layanan terkait kepercayaan diri dan interaksi sosial peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: kepercayaan diri, interaksi sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 11 May 2024 07:42
Last Modified: 11 May 2024 07:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62987

Actions (login required)

View Item View Item