Ningrum, Windy Wirdo (2024) Pengembangan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) literasi membaca pada materi teks prosedur kelas VII SMP berbantuan live worksheets. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000003093_JUDUL__240316122122.pdf Download (784kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000003093_BAB_I__240315031400.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000003093_BAB_II__240315031400.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000003093_BAB_III__240315031400.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000003093_BAB_IV__240315031400.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000003093_BAB_V__240315031400.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003093_DAFTAR_PUSTAKA__240315031400.pdf Download (136kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000003093_LAMPIRAN__240315031400.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000003093_NASKAH_PUBLIKASI__240315031400.pdf Download (623kB) |
Abstract
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah proses penilaian yang dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan atau kompetensi minimum yang harus dimiliki peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman yang mendalam oleh sekolah terkait soal-soal AKM literasi membaca. Selain itu, peserta didik di sekolah masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal AKM serta memiliki tingkat literasi yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan terhadap soal-soal AKM literasi membaca pada materi teks prosedur kelas VII SMP; (2) mendeskripsikan analisis pengembangan soal-soal AKM literasi membaca pada materi teks prosedur kelas VII SMP berbantuan media live worksheets; (3) menguji efektivitas soal-soal AKM literasi membaca pada materi teks prosedur kelas VII SMP berbantuan media live worksheet.
Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Sementara objek penelitian berupa pengembangan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi membaca pada teks prosedur. Teknik dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu melalui observasi, wawancara, dan kuesioner/angket, analisis dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil data dari angket yang telah diisi oleh ahli media pembelajaran, ahli materi, ahli pengajaran dan pengguna media, hasil angket yang didapatkan, akan diatur menggunakan skala Likert.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa (1) soal AKM literasi membaca sudah diajarkan oleh guru, namun perlu pengembangan lebih lanjut untuk soal AKM literasi membaca dengan berbantuan media pembelajaran agar peserta didik dapat lebih memahami; (2) pengembangan soal AKM literasi membaca dilakukan setelah hasil analisis kebutuhan dan rancangan desain dibuat; (3) soal AKM literasi membaca pada materi teks prosedur kelas VII berbantuan media live worksheets yang dikembangkan dikategorikan “sangat layak” digunakan. Hal ini sejalan dengan hasil dari nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian para ahli berjumlah 95; dan hasil uji-t ) soal AKM literasi membaca pada materi teks prosedur kelas VII berbantuan media live worksheets dinyatakan “efektif” diterapkan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan soal AKM literasi membaca pada materi teks prosedur. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa soal AKM literasi membaca pada materi teks prosedur kelas VII berbantuan media live worksheets layak untuk digunakan.
Kata kunci: Pengembangan, Soal Asesmen Kompetensi Minimum, Teks Prosedur, Literasi Membaca, Live Worksheets
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | pengembangan, soal asesmen kompetensi minimum, teks prosedur, literasi membaca, live worksheets |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 08 May 2024 09:55 |
Last Modified: | 08 May 2024 09:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63130 |
Actions (login required)
View Item |