Arum, Anggriani Stia (2024) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi materi teorema phytagoras pada siswa SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta kelas VIII ditinjau berdasarkan gaya belajar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006066_JUDUL__240508080245.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006066_BAB_I__240508065656.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006066_BAB_II__240508065656.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006066_BAB_III__240508065656.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006066_BAB_IV__240508065656.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006066_BAB_V__240508065656.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006066_DAFTAR_PUSTAKA__240508065656.pdf Download (57kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006066_LAMPIRAN__240508065656.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor,
salah satunya faktor gaya belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa yang ditinjau berdasarkan gaya belajar yang berbeda-beda yaitu visual,
audiotori, dan kinestetik.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini
adalah 6 siswa dari kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang dimana
masing-masing diwakili oleh 2 siswa dengan gaya belajar visual, audiotori dan
kinestetik. Pengambilan data dilakukan dengan cara kuosioner (angket), tes (soal),
dan wawancara. Kemudian dilakukan deskripsi kualitatif untuk kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan gaya belajar yang dimilikinya. Analisis
tes kemampuan berpikir tingkat tinggi mengacu pada tiga indikator kemampuan
berpikir tingkat tinggi yaitu menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), mencipta (C6).
Kemudian dari hasil analisis tersebut akan dilakukan identifikasi tingkat
kemampuan berpikir tingkat tinggi kedalam 3 kategori yaitu kategori kategori
cukup, kategori kurang, dan kategori sangat kurang.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir tingkat
tinggi pada subjek penelitian terhadap gaya belajar visual, audiotori dan kinestetik
semuanya dominan pada kemampuan level menganalisis. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa subjek gaya belajar visual rata-rata memiliki kemampuan
menganalisis kategori baik, sedangkan kemampuan mengevaluasi dan kemampuan
mencipta kategori sangat kurang. Untuk gaya belajar audiotori rata-rata memiliki
kemampuan menganalisis kategori sangat baik, kemudian kemampuan
mengevaluasi dan kemampuan mencipta kategori sangat kurang. Untuk gaya
belajar kinestetik rata-rata memiliki kemampuan menganalisis sangat baik,
kemampuan mengevaluasi kurang, dan kemampuan mencipta sangat kurang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | kemampuan berpikir tingkat tinggi, visual, audiotori, kinestetik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 11 May 2024 07:42 |
Last Modified: | 11 May 2024 07:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63196 |
Actions (login required)
View Item |