Wibisono, M. Damar (2024) Prototype sistem monitoring kondisi kendaraan pada mobil listrik ADEV 01 Monalisa. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000022019_JUDUL__240508114538.pdf Download (460kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000022019_BAB_I__240508114112.pdf Download (83kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000022019_BAB_II__240508114112.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000022019_BAB_III__240508114112.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000022019_BAB_IV__240508114112.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000022019_BAB_V__240508114112.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000022019_DAFTAR_PUSTAKA__240508114112.pdf Download (808kB) |
Abstract
Pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI), diatur bahwa mobil tidak diizinkan untuk diperiksa secara langsung selama berlangsungnya kompetisi. Pengecekan kondisi kendaraan harus melalui serangkaian tahapan yang memakan waktu, dan pelanggaran terhadap peraturan tanpa perlu pengecekan langsung selama kompetisi berlangsung tersebut berpotensi mengakibatkan kerugian besar bagi tim yang melanggarnya. Untuk meningkatkan efektivitas dan mengurangi risiko kesalahan, dibuatlah suatu sistem yang dimana pengecekan kendaraan tanpa menyentuh kendaraan listrik tersebut menghasilkan penilaian kondisi dan perhitungan mobil dilakukan secara cepat dan akurat.
Dalam menghadapi larangan pemeriksaan langsung terhadap mobil selama kompetisi, divisi elektrikal harus mengoptimalkan upaya mereka dalam merancang prototipe sistem pemantauan. Tujuan utamanya adalah untuk memantau tegangan, arus, dan suhu pada kendaraan listrik dengan akurat dan efisien. Kepatuhan terhadap regulasi yang telah ditetapkan tidak hanya penting untuk mencegah kerugian bagi tim, tetapi juga untuk memastikan keadilan dan integritas dalam kompetisi. Dengan demikian, perhitungan yang cepat dan tepat menjadi landasan penting dalam menjaga kinerja optimal serta mengurangi kemungkinan kesalahan selama berlangsungnya kompetisi.
Nilai akurasi yang dihasilkan sensor yang tertampil di LCD pada setiap percobaanya selisih nilai ketika mobil berjalan semakin cepat maka nilai selisih semakin kecil dengan kondisi kecepatan yang tinggi nilai yang ditampilkan berupa tegangan dengan selisih 0,083 V, arus dengan selisih 0,79 mA, suhu dengan selisih 1,192 oC.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | kmli, mobil listrik, arduinounor3, nextion |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 11 May 2024 02:22 |
Last Modified: | 11 May 2024 02:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63199 |
Actions (login required)
View Item |