Peran Guru PAI dalam meningkatkan keterampilan proses hafalan Al-Qur'an juz 30 di SMP Negeri 2 Bantul

Nugroho, Dwi (2024) Peran Guru PAI dalam meningkatkan keterampilan proses hafalan Al-Qur'an juz 30 di SMP Negeri 2 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031154_JUDUL__240509095326.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031154_BAB_I__240509095326.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031154_BAB_II__240509095326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031154_BAB_III__240509095326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031154_BAB_IV__240509095326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031154_BAB_V__240509095326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031154_DAFTAR_PUSTAKA__240509095326.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031154_LAMPIRAN__240509095326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan, guru khususnya guru pendidikan agama Islam mempunyai peran dan tanggung jawab yang sangat penting.Salah satu tugas penting guru pendidikan agama Islam adalah meningkatkan keterampilan menghafal Al-Quran bagi siswi di lembaga pendidikan.Pasalnya, hingga saat ini masih banyak pelajar yang belum hafal Al-Quran bahkan lebih cenderung menghafalnya.Salah satunya adalah siswa SMP Negri 2 Bantul yang kurang tertarik menghafal juz Al-Qur'an surah ke-30.
Penelitian deskriptif kualitatif bersifat penyelidikan. Penyelidikan dilakukan di SMP Negeri 2 Bantul. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, validasi data, dan verifikasi keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan keterampilan menghafal Al Quran juz 30 di SMP Negeri 2 Bantul adalah guru berperan sebagai pembimbing, evaluator, dan motivator.Faktor yang mendukung upaya peningkatan hafalan al-quran juz 30 adalah motivasi guru PAI, siswa bersemangat, dan sarana prasarana yang memadai.Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran adalah: waktu terbatas, siswa tidak bisa membaca Al-Quran, dan tugas siswa banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: peran guru pai, keterampilan proses, hafalan al-qur'an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 13 May 2024 02:12
Last Modified: 13 May 2024 02:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63283

Actions (login required)

View Item View Item