Nugroho, Dwi (2024) Peran Guru PAI dalam meningkatkan keterampilan proses hafalan Al-Qur'an juz 30 di SMP Negeri 2 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031154_JUDUL__240509095326.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031154_BAB_I__240509095326.pdf Download (412kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031154_BAB_II__240509095326.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031154_BAB_III__240509095326.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031154_BAB_IV__240509095326.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031154_BAB_V__240509095326.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031154_DAFTAR_PUSTAKA__240509095326.pdf Download (261kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031154_LAMPIRAN__240509095326.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, guru khususnya guru pendidikan agama Islam mempunyai peran dan tanggung jawab yang sangat penting.Salah satu tugas penting guru pendidikan agama Islam adalah meningkatkan keterampilan menghafal Al-Quran bagi siswi di lembaga pendidikan.Pasalnya, hingga saat ini masih banyak pelajar yang belum hafal Al-Quran bahkan lebih cenderung menghafalnya.Salah satunya adalah siswa SMP Negri 2 Bantul yang kurang tertarik menghafal juz Al-Qur'an surah ke-30.
Penelitian deskriptif kualitatif bersifat penyelidikan. Penyelidikan dilakukan di SMP Negeri 2 Bantul. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, validasi data, dan verifikasi keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan keterampilan menghafal Al Quran juz 30 di SMP Negeri 2 Bantul adalah guru berperan sebagai pembimbing, evaluator, dan motivator.Faktor yang mendukung upaya peningkatan hafalan al-quran juz 30 adalah motivasi guru PAI, siswa bersemangat, dan sarana prasarana yang memadai.Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran adalah: waktu terbatas, siswa tidak bisa membaca Al-Quran, dan tugas siswa banyak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | peran guru pai, keterampilan proses, hafalan al-qur'an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:12 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63283 |
Actions (login required)
View Item |