Aqshal, Adam (2024) Pengembangan multimedia interaktif berbasis komputer pada pembelajaran IPA materi tata surya kelas VI. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005364_JUDUL__240318010617.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005364_BAB_I__240318010617.pdf Download (539kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005364_BAB_II__240318010617.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005364_BAB_III__240318010617.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005364_BAB_IV__240318010617.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005364_BAB_V__240318010617.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005364_DAFTAR_PUSTAKA__240318010617.pdf Download (306kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005364_LAMPIRAN__240318010617.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005364_NASKAH_PUBLIKASI__240318010618.pdf Download (535kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik dan bervariasi dalam pembelajaran di kelas. Multimedia pembelajaran berbasis komputer menggunakan articulate storyline pada pembelajaran IPA materi tata surya ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang mampu meningkatkan daya tarik peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian Untuk mengetahui kualitas media pembelajaran menggunakan articulate storyline pada pembelajaran IPA dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan articulate storyline pada pembelajaran IPA materi tata surya peserta didik kelas VI sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan RnD (Research and Development). Rancangan penelitian dan pengembangan ini akan mengacu pada model pengembangan menurut Reiser and Mollanda (2003) model pengembangan ADDIE yaitu analysis (analisis), Design (Perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian ahli (ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran) dan lembar respon siswa. Subjek penelitian adalah peserta didik SD Negri 4 Pujodadi Lampung. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan cara menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari lembar validasi ahli dan lembar respon siswa yang berupa skor, kemudian diubah menjadi data kualitatif (data interval) dengan skala 100.
Hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai 83,6 yang masuk dalam kategori berkualitas. Hasil validasi ahli materi memperoleh jumlah nilai 89,3 yang masuk dalam kategori sangat berkualitas. Hasil validasi ahli pembelajaran memperoleh jumlah nilai 83,6 yang masuk dalam kategori berkualitas. penilaian peserta didik kelas VI yang berjumlah 19 peserta didik di SD Negeri 4 Pujodadi Lampung terhadap multimedia interaktif, memperoleh nilai rata-rata 93,6 yang masuk dalam kategori sangat layak. Sehingga multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer menggunakan articulate Storyline sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Multimedia, tata surya, articulate storyline |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2024 02:40 |
Last Modified: | 14 May 2024 02:40 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63323 |
Actions (login required)
View Item |