Ristiana, Mittha (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi perubahan energi kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005326_JUDUL__240322120821.pdf Download (524kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005326_BAB_I__240322120821.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005326_BAB_II__240322120821.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005326_BAB_III__240322120821.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005326_BAB_IV__240322120821.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005326_BAB_V__240322120821.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005326_DAFTAR_PUSTAKA__240322120821.pdf Download (176kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005326_LAMPIRAN__240322120821.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005326_NASKAH_PUBLIKASI__240322120821.pdf Download (236kB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar masih terbatas dan kurangnya inovasi dalam penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas LKPD berbasis Problem Based Learning materi perubahan energi, mendeskripsikan langkah-langkah, mengetahui respon guru dan respon peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Rancangan penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdapat 5 tahapan yang meliputi Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, dokumentasi dan lembar penilaian. Desain uji coba dilakukan dengan validasi ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, respon guru, dan respon peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Pandes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran atau komentar yang diberikan oleh validasi ahli, respon guru dan respon peserta didik. Data kuantitatif berupa hasil penilaian dari validasi ahli, respon guru dan respon peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. Hasil validasi oleh ahli materi ahli materi memperoleh nilai 94 dengan kategori “Sangat Baik”. Ahli media memperoleh nilai 74,54 dengan kategori “Baik”. Ahli pembelajaran memperoleh nilai 82 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian respon guru terhadap LKPD berbasis Problem Based Learning memperoleh nilai 94 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 91,81 dengan kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning materi perubahan energi layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dikelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | LKPD, problem based learning, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2024 02:36 |
Last Modified: | 14 May 2024 02:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63331 |
Actions (login required)
View Item |