Maryan Ningsih, Salsadilla (2024) Efektivitas contextual project-based learning terhadap critical thinking skills IPA peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Gendeng. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005028_JUDUL__240425085353.pdf Download (676kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005028_BAB_I__240425085221.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005028_BAB_II__240425085221.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005028_BAB_III__240425085221.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005028_BAB_IV__240425085221.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005028_BAB_V__240425085221.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005028_DAFTAR_PUSTAKA__240425085221.pdf Download (211kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005028_LAMPIRAN__240425085221.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005028_NASKAH_PUBLIKASI__240425085221.pdf Download (649kB) |
Abstract
Critical thinking peserta didik sekolah dasar masih belum maksimal. Kurangnya kemampuan critical thinking tersebut dipengaruhi oleh rendahnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dan penerapan model pembelajaran yang tidak sesuai karakteristik peserta didik. Pentingnya penerapan model pembelajaran contextual project-based learning untuk mengasah dan meningkatkan critical thinking IPA SD sangat diperlukan. Model pembelajaran ini berfokus pada upaya yang dilakukan guru untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui perangkat pembelajaran IPA SD yang berbasis contextual project-based learning terhadap critical thinking skills peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu quasi-eksperiment dengan desain One-group Pretest-Postest. Sampel penelitian ini berjumlah 18 peserta didik kelas IV A. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lember observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan pretest postest critical thinking. Uji validitas instrumen menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan effect size (Cohend’d).
Hasil penelitian menunjukkan nilai pretest-postest critical thinking peserta didik didominasi kategori sedang. analisis lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran pertemuan pertama sebesar 96% dan kedua sebesar 92% yang termasuk di kategori sangat baik. Hasil analisis nilai effect size (Cohend’d) diperoleh nilai sebesar 3.35 dengan kriteria sangat besar. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Project-based Learning efektif untuk meningkatkan Critical Thinking Skills IPA peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Critical thinking skills, contextual project-based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2024 01:38 |
Last Modified: | 14 May 2024 01:38 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63334 |
Actions (login required)
View Item |