Implementasi profil pelajar pancasila melalui model pembelajaran problem based learning pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Pendowoharjo

Sherina, Sherina (2024) Implementasi profil pelajar pancasila melalui model pembelajaran problem based learning pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005328_JUDUL__240221044521.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005328_BAB_I__240221044521.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005328_BAB_II__240221044521.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005328_BAB_III__240221044521.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005328_BAB_IV__240221044521.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005328_BAB_V__240221044521.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005328_DAFTAR_PUSTAKA__240221044521.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005328_LAMPIRAN__240221044521.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005328_NASKAH_PUBLIKASI__240221044521.pdf

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti dari berbagai sumber bahwa, sudah diterapkannya profil pelajar pancasila melalui model pembelajaran problem based learning pada kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, di SD Muhammadiyah Pendowoharjo ada enam dimensi profil pelajar pancasila sudah terwujud secara maksimal. Dalam penerapannya, semua dimensi tersebut sudah terlaksana namun yang paling menonjol adalah dimensi bernalar kritis dan mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, perencanaan dan evaluasi profil pelajar pancasila dengan dimensi mandiri dan bernalar kritis melalui model pembelajaran problem based learning pada kurikulum merdeka kelas IV di SD Muhammadiyah Pendowoharjo.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pendowoharjo dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru wali kelas IV, dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar pancasila melalui model problem based learning adalah dari hasil wawancara serta observasi menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila dengan dimensi mandiri dan bernalar kritis melalui model problem based learning sudah diterapkan dengan baik dan sudah menjadi kebiasaan siswa kelas IV, model pembelajaran problem based learning yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang diangkat oleh guru dan siswa. Karakter mandiri seperti mengikuti kegiatan ekstra dan pendidikan kewirausahaan, mengerjakan tugas sekolah serta tugas rumah secara mandiri. Serta bernalar kritis seperti ketika guru memberikan tugas maka siswa berani untuk bertanya jika memang ada yang belum dipahaminya, tugas kelompok diberikan oleh guru ternyata materinya tidak ada dibuku maka siswa berusaha mencari referensi sendiri. Pada model problem based learning ini yaitu proses pembelajaran yang berbasiskan masalah. Siswa akan mengikuti proses pembelajaran dengan secara langsung melakukan eksperimen untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Sehingga siswa dapat melatih kemampuan mandiri dan bernalar kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Profil Pelajar Pancasila, mandiri, bernalar kritis, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 22 May 2024 02:59
Last Modified: 22 May 2024 02:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63369

Actions (login required)

View Item View Item