Analisis kesiapan sekolah SD Muhammadiyah MBS Prambanan menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB) tahun 2023/2024

Rizki, Ridwan Amal (2024) Analisis kesiapan sekolah SD Muhammadiyah MBS Prambanan menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB) tahun 2023/2024. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2011005211_JUDUL__240319120249.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2011005211_BAB_I__240319120249.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2011005211_BAB_II__240319120250.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2011005211_BAB_III__240319120250.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2011005211_BAB_IV__240319120250.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2011005211_BAB_V__240319120250.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2011005211_DAFTAR_PUSTAKA__240319120250.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2011005211_LAMPIRAN__240319120250.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2011005211_NASKAH_PUBLIKASI__240319120250.pdf

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya fenomena bencana alam
yang terjadi baik bencana alam maupun non alam dan banyaknya sekolah yang
belum menjadi sekolah yang masuk ke dalam satuan pendidikan aman bencana.
sedangkan program satuan pendidikan aman bencana adalah upaya
penanggulangan dan pencegahan dampak risiko bencana ini sangat penting
diterapkan khususnya di sekolah yang berlokasi di daerah rawan bencana. Sehingga
perlu adanya kesiapan dari sekolah untuk menerapkan program satuan pendidikan
aman bencana (SPAB). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan
sekolah menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB). Serta untuk mengetahui
faktor pendukung dan faktor penghambat kesiapan sekolah menuju satuan
pendidikan aman bencana (SPAB) di SD Muhammadiyah MBS Prambanan.
Jenis Penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang dipakai seperti observasi, wawancara, dokumentasi.
Dengan menggunakan keabsahan data dengan tahap triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Teknik analisis data yang dipakai seperti pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan sekolah SD Muhammadiyah
MBS Prambanan menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB) memiliki faktor
penghambat dan faktor pendukung. Pada setiap faktor melibatkan seluruh warga
sekolah. Tahap yang paling dominan pada kesiapan SD Muhammadiyah MBS
Prambanan menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB) adalah pada tahap
faktor penghambat. Faktor penghambat yang dimiliki oleh SD Muhammadiyah
MBS Prambanan diantaranya belum menjadi sekolah siaga bencana atau masuk
dalam program SPAB membuat sekolah memiliki banyak hambatan dan faktor
penghambat lainya adalah dari segi sarana prasarana yang kurang memadai atau
kurang lengkap. Terdapat faktor pendukung seperti adanya satu pusat pengelolaan
yang sama dengan sekolah yang sudah menjadi sekolah yang berstatus siaga
bencana atau masuk dalam program satuan pendidikan aman bencana (SPAB)
memudahkan SD Muhammadiyah MBS Prambanan dalam penerapan program
satuan pendidikan aman bencana (SPAB) karena memiliki sekolah percontohan
yang bisa ditiru oleh SD Muhammadiyah MBS Prambanan untuk mempercepat
pada kesiapan menuju satuan pendidikan aman bencana. Keterbaruan penelitian ini
yaitu mendeskripsikan bagaimana kesiapan sekolah menuju satuan pendidikan
aman bencana (SPAB) dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat
kesiapan sekolah menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB).

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kesiapan, SPAB, sekolah dasar Muhammadiyah MBS Prambanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 May 2024 03:10
Last Modified: 15 May 2024 03:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63421

Actions (login required)

View Item View Item