Pengaruh persepsi kompetensi akademik dan iklim kelas terhadap academic flow pada Siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta

Yanti, Eka Dhewi (2024) Pengaruh persepsi kompetensi akademik dan iklim kelas terhadap academic flow pada Siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000013189_JUDUL__240315114359.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000013189_BAB_I__240315114359.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000013189_BAB_II__240315114359.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000013189_BAB_III__240315114359.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000013189_BAB_IV__240315114359.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000013189_BAB_V__240315114359.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013189_DAFTAR_PUSTAKA__240315114359.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000013189_LAMPIRAN__240315114359.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013189_NASKAH_PUBLIKASI__240315114359.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kompetensi akademik dan iklim kelas terhadap academic flow pada siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda dan skala sebagai pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah kelas 4, 5, dan 6 siswa-siswi SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 155 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala academic flow, skala persepsi kompetensi akademik, dan skala iklim kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif persepsi kompetensi akademik dan iklim kelas terhadap academic flow yang sangat signifikan dengan nilai R sebesar 0.660 dan signifikansi 0.000 (p<0.01); (2) terdapat pengaruh positif persepsi kompetensi akademik terhadap academic flow yang sangat signifikan dengan nilai correlation coefficient sebesar 0.539 dan signifikansi 0.000 (p<0.01); (3) terdapat pengaruh positif iklim kelas terhadap academic flow yang signifikan dengan nilai correlation coefficient sebesar 0.205 dan signifikansi 0.011 (p<0.05). Sumbangan efektif dari persepsi kompetensi akademik sebesar 35,3832% dan sumbangan efektif dari iklim kelas sebesar 8,1812% sehingga total sumbangan efektif dari keduanya sebesar 43,5644%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: academic flow, iklim kelas, persepsi kompetensi akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: user fk
Date Deposited: 16 May 2024 06:15
Last Modified: 16 May 2024 06:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63429

Actions (login required)

View Item View Item