Mirah, Ayu Sekar (2024) Efektivitas bimbingan kelompok menggunakan teknik focus group discussion untuk meningkatkan optimisme siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001092_JUDUL__240515093920.pdf Download (866kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001092_BAB_I__240513070617.pdf Download (452kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001092_BAB_II__240513070617.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001092_BAB_III__240513070617.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001092_BAB_IV__240513070617.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001092_BAB_V__240513070617.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001092_DAFTAR_PUSTAKA__240513070617.pdf Download (434kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001092_LAMPIRAN__240513070617.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Optimisme siswa di sekolah masih tergolong rendah. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa di sekolah. Masih banyak siswa yang tidak percaya akan kemampuan dirinya seperti mencontek ketika ujian, tidak mempunyai keingin untuk mencoba kembali ketika mengalami kegagalan, takut mengambil resiko, mudah menyerah ketika berhadapan dengan situasi yang sulit. Guna membantu meningkatkan optimisme siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta diperlukan bantuan dari semua pihak terutama peran guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok menggunakan teknik Focus Group Discussion untuk meningkatkan optimisme siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Yogykarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Eksperimental, model one group pretest-posttest. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah 8 siswa kelas VIII yang dipilih melalui undian kertas. Instumen penelitian yang digunakan yaitu skala optimisme siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif dan berdistribusi normal kemudian dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa teknik Focus Group Discussion efektif untuk meningkatkan optimisme siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Hal itu diketahui melalui hasil analisis uji Paired Sample T-test yang menunjukkan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,009<0,05 , maka h=Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Optimisme, bimbingan kelompok, teknik focus group discussion |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 May 2024 03:31 |
Last Modified: | 16 May 2024 03:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63453 |
Actions (login required)
View Item |