Implementasi karakter religius dalam kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel

Putra, Winardi Adi (2024) Implementasi karakter religius dalam kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005161_JUDUL__240516091620.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005161_BAB_I__240516091620.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005161_BAB_II__240516091620.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005161_BAB_III__240516091620.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005161_BAB_IV__240516091620.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005161_BAB_V__240516091620.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005161_DAFTAR_PUSTAKA__240516091620.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005161_LAMPIRAN__240516091620.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005161_NASKAH_PUBLIKASI__240516091620.pdf

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak nya kemerosotan moral yang terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh kurang nya pengetahuan karakter religius. Sehingga perlu adanya implementasi karakter religius melalui program-program di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter religius dan implementasi kepada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Tapak Suci serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pada kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, guru ekstrakurikuler dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapak suci sebanyak 10 siswa yang berprestasi. Objek penelitian ini yaitu implementasi karakter religius dalam kegiatan ekstrakurikuler tapak suci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi metode. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi karakter religius dalam kegiatan ekstrakurikuler tapak suci dapat dilihat melalui beberapa kegiatan yaitu dimulai dengan melaksanakan salat berjamaah sebelum pelatihan tapak suci dimulai dan pelatihan diawali dengan mengucapkan salam dan berdo’a serta di beberapa situasi para peserta saling mengingatkan temannya untuk selalu menjaga suasana yang tertib. Sebelum mengakhiri pelatihan, pelatih tapak suci memberikan beberapa kata-kata motivasi yang dapat membentuk karakter religius siswa dan pelatihan diakhiri dengan berdo’a serta mengucapkan salam bersama-sama. Terdapat faktor pendukung seperti motivasi dari pelatih tapak suci, sarana dan prasarana yang mendukung seperti musala dan tempat wudhu, motivasi serta pengajaran karakter religius dari orang tua dirumah, dan pergaulan pertemanan yang membawakan kebaikan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu peserta tapak suci kurang memperhatikan dalam pelatihan berlangsung, tidak adanya penerapan nilai-nilai religius dari orang tua dan pergaulan pertemanan yang membawa kepada keburukan. Karena walaupun sekolah sudah berupaya sebaik mungkin tetapi tanpa ada dukungan dari orang tua dan pergaulan yang kurang baik maka akan menjadi penghambat.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: implementasi, karakter religius, tapak suci
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 21 May 2024 02:51
Last Modified: 21 May 2024 02:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63543

Actions (login required)

View Item View Item