Febriansyah, Agung Dwi (2024) Pengembangan media podcast dalam layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok untuk mencegah kecemasan saat ujian pada siswa MAN 4 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001090_JUDUL__240517110452.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001090_BAB_I__240517110452.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001090_BAB_II__240517110452.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001090_BAB_III__240517110452.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001090_BAB_IV__240517110452.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001090_BAB_V__240517110452.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001090_DAFTAR_PUSTAKA__240517110452.pdf Download (253kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001090_LAMPIRAN__240517110452.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Febriansyah. Dwi Agung 2024. “Pengembangan Media Podcast Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok Untuk Mencegah Kecemasan Ujian Pada Siswa MAN 4 Bantul”. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan
ABSTRAK
Banyak siswa pintar dalam berbagai mata pelajaran siap melaksanakan ujian namun, tidak sedikit pula yang merasa pisimis dan sebagian siswa lagi tidak tahu dan pasrah. sehingga menghambat tujuan belajar. Dalam hal ini bimbingan dan konseling memerlukan metode yang dapat meningkatkan kualitas layanan informasi yaitu menggunakan metode media berupa podcast. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media podcast dalam layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok untuk mencegah kecemasan ujian pada siswa.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan model (R&D) yaitu ADDIE. Tahapan pendekatan ADDIE dimulai dengan analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi. Produk dinilai oleh ahli materi, ahli media dan ahli layanan untuk mengetahui kelayakan produk. Subyek yang digunakan, siswa kelas XI MAN 4 Bantul jumlah 8 siswa,di ambil berdasarkan hasil pretest yang tinggi, instrument yang digunakan wawancara dan instrument expert ahli materi,ahli media dan ahli layanan dan skala kecemasan ujian.
Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan peneliti mendapatkan penilaian uji ahli media 95,8 yang termasuk kategori sangat baik. Penilaian uji ahli materi 95 yang termasuk kategori sangat baik. Penilaian uji ahli layanan 95 yang termasuk sangat baik. Hasil dari penilaian para ahli tersebut bahwa pengembangan media podcast dalam layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok untuk mencegah kecemasan ujian pada siswa MAN 4 Bantul dinyatakan layak. Kemudian dilakukan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Z hitung sebesar -2.524 dan sig. sebesar 0,012 yaitu 0,012 < 0,05 terdapat perbedaan antara skor pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberikannya treatment, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media podcast layak digunakan untuk mencegah kecemasan ujian siswa MAN 4 Bantul dan mengalami perubahan yang signifikan.bahwa pengembangan media podcast dalam layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok tentang mencegah kecemasan ujian pada siswa MAN 4 Bantul dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | media podcast, diskusi kelompok, bimbingan kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:01 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63547 |
Actions (login required)
View Item |