Analisis kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema pythagoras siswa kelas vii SMP Negeri 11 Yogyakarta ditinjau dari gaya belajar

Monica, Vina (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema pythagoras siswa kelas vii SMP Negeri 11 Yogyakarta ditinjau dari gaya belajar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000006048_JUDUL__240520011846.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000006048_BAB_I__240520011846.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000006048_BAB_II__240520011846.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000006048_BAB_III__240520011846.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000006048_BAB_IV__240520011846.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000006048_BAB_V__240520011846.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006048_DAFTAR_PUSTAKA__240520011846.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000006048_LAMPIRAN__240520011846.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dapat diartikan sebagai suatu kemampuan berpikir yang dimiliki individu untuk memecahkan masalah yang melibatkan berbagai aspek pengetahuan, keterampilan, dan pengalamannya untuk mencapai tujuan tertentu. Salah satu faktor yang mungkin mempengaruhi dalam kemampuan pemecahan masalah siswa adalah gaya belajar. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta pada materi teorema Pythagoras dengan bentuk soal cerita ditinjau dari gaya belajar.

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai teknik dan instrumen, seperti, angket, tes, wawancara, dan teknik analisis data disesuaikan dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan 33 siswa kelas VIII A dengan 9 subjek utama
yang terdiri dari 3 siswa dengan gaya belajar yang sama.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 33 siswa gaya belajar kinestetik mendominasi dengan persentase adalah 36,36% sebanyak 12 siswa. Selanjutnya gaya belajar visual dengan persentase 9,09% sebanyak 3 siswa dan
gaya belajar auditorial terdapat 11 siswa dengan persentase 33,33%. Untuk kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar visual termasuk kedalam kategori baik (memahami masalah, merencanakan penyelesaian,
melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali). Untuk kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar auditorial termasuk dalam kategori cukup (memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian). Untuk kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar kinestetik juga termasuk kedalam kategori cukup (memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian).

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: kemampuan pemecahan masalah, toerema pythagoras, gaya belajar, visual, auditori, kinestetik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus1 userperpus1
Date Deposited: 21 May 2024 08:19
Last Modified: 21 May 2024 08:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63572

Actions (login required)

View Item View Item