Pangesti, Sriningsih Wahyu (2024) Peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam implementasi model kelas digital di SD Muhammadiyah Purwodiningratan. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207046024_JUDUL__240327020104.pdf Download (650kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207046024_BAB_I__240324100449.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207046024_BAB_II__240324100449.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207046024_BAB_III__240324100449.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207046024_BAB_IV__240324100449.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207046024_BAB_V__240324100449.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046024_DAFTAR_PUSTAKA__240324100449.pdf Download (183kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207046024_LAMPIRAN__240324100449.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2207046024_NASKAH_PUBLIKASI__240324100449.pdf Download (473kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sektor yang memiliki peran penting dalam pembangunan suatu negara. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran telah menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak di era digital ini. SD Muhammadiyah Purwodiningratan mengambil langkah inovatif dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran melalui implementasi kelas digital sebaggai upaya menghadapi tantangan di era digital ini. Penelitian ini mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala sekolah berperan dalam implementasi kelas digital di SD Muhammadiyah Purwodiningratan, serta menganalisa apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini dari wawancara yang mendalam dengan nara sumber antara lain kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru kelas digital, orang tua siswa kelas digital serta siswa dari kelas digital di SD Muhammadiyah Purwodiningratan, juga observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi model kelas digital di SD Muhammadiyah Purwodiningratan sangat penting. Kepala sekolah bertindak sebagai inovator, edukator, manajer maupun sebagai motivator. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses perencanaan, implementasi program maupun evaluasi program berjalan lancar dan berhasil. Dalam menghadapi tantangan , kepala sekolah memiliki peran penting dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk memaksimalkan faktor pendukung dan mengatasi faktor penghambat guna meningkatkan efektivitas implementasi kelas digital.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | implementasi kelas digital, peran kepemimpinan Kepala Sekolah |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 30 May 2024 09:03 |
Last Modified: | 30 May 2024 09:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63754 |
Actions (login required)
View Item |