Peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam implementasi model kelas digital di SD Muhammadiyah Purwodiningratan

Pangesti, Sriningsih Wahyu (2024) Peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam implementasi model kelas digital di SD Muhammadiyah Purwodiningratan. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207046024_JUDUL__240327020104.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207046024_BAB_I__240324100449.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207046024_BAB_II__240324100449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207046024_BAB_III__240324100449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207046024_BAB_IV__240324100449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207046024_BAB_V__240324100449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046024_DAFTAR_PUSTAKA__240324100449.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2207046024_LAMPIRAN__240324100449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T2_2207046024_NASKAH_PUBLIKASI__240324100449.pdf

Download (473kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang memiliki peran penting dalam pembangunan suatu negara. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran telah menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak di era digital ini. SD Muhammadiyah Purwodiningratan mengambil langkah inovatif dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran melalui implementasi kelas digital sebaggai upaya menghadapi tantangan di era digital ini. Penelitian ini mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala sekolah berperan dalam implementasi kelas digital di SD Muhammadiyah Purwodiningratan, serta menganalisa apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini dari wawancara yang mendalam dengan nara sumber antara lain kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru kelas digital, orang tua siswa kelas digital serta siswa dari kelas digital di SD Muhammadiyah Purwodiningratan, juga observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi model kelas digital di SD Muhammadiyah Purwodiningratan sangat penting. Kepala sekolah bertindak sebagai inovator, edukator, manajer maupun sebagai motivator. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses perencanaan, implementasi program maupun evaluasi program berjalan lancar dan berhasil. Dalam menghadapi tantangan , kepala sekolah memiliki peran penting dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk memaksimalkan faktor pendukung dan mengatasi faktor penghambat guna meningkatkan efektivitas implementasi kelas digital.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: implementasi kelas digital, peran kepemimpinan Kepala Sekolah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 30 May 2024 09:03
Last Modified: 30 May 2024 09:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63754

Actions (login required)

View Item View Item