Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Safitri, Aliftiana Abiyyah (2024) Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001118_JUDUL__240530094528.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001118_BAB_I__240530094444.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001118_BAB_II__240530094444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001118_BAB_III__240530094444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001118_BAB_IV__240530094444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001118_BAB_V__240530094444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001118_DAFTAR_PUSTAKA__240530094444.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001118_LAMPIRAN__240530094444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan siswa dalam mengembangkan komunikasi interpersonal, terkhususnya dalam konteks sekolah, menjadi penting guna memperkokoh hubungan siswa dengan rekan sebaya dan guru, serta untuk memfasilitasi pembentukan jaringan sosial yang positif dan mendukung. Pada kenyataannya komunikasi interpersonal pada sebagian siswa belum terbentuk dengan baik, salah satunya yang terjadi di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Sebagian siswa di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta kesulitan dalam memulai dan mempertahankan percakapan, serta kurangnya keterampilan mendengarkan dan menyampaikan pendapat. Oleh sebab itu, perlu upaya efektif dari guru bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Salah satu upaya yang dimaksudkan yakni menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Studi ini berfokus untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan riset berjenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan memanfaatkan desain pre-test post test control grup desain. Subjek yang dipilih untuk riset ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta dengan teknik penentuan subjek yang digunakan ialah simple random sampling. Studi ini memanfaatkan skala komunikasi interpersonal sebagai instrument pengumpulan data. Uji validitas dan reliabilitas skala komunikasi interpersonal menggunakan Rasch Model dengan bantuan aplikasi Winstep. Analisis data dalam riset ini menggunakan independent sample t test dengan bantuan aplikasi SPSS.
Hasil analisis data menunjukkan nilai sig. sebesar 0,047 (<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Output dari riset ini dapat dijadikan referensi bagi guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa untuk meningkatkan komunikasi interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: komunikasi interpersonal, problem solving, bimbingan kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:26
Last Modified: 03 Jun 2024 01:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63844

Actions (login required)

View Item View Item