Safitri, Aliftiana Abiyyah (2024) Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001118_JUDUL__240530094528.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001118_BAB_I__240530094444.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001118_BAB_II__240530094444.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001118_BAB_III__240530094444.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001118_BAB_IV__240530094444.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001118_BAB_V__240530094444.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001118_DAFTAR_PUSTAKA__240530094444.pdf Download (234kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001118_LAMPIRAN__240530094444.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan siswa dalam mengembangkan komunikasi interpersonal, terkhususnya dalam konteks sekolah, menjadi penting guna memperkokoh hubungan siswa dengan rekan sebaya dan guru, serta untuk memfasilitasi pembentukan jaringan sosial yang positif dan mendukung. Pada kenyataannya komunikasi interpersonal pada sebagian siswa belum terbentuk dengan baik, salah satunya yang terjadi di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Sebagian siswa di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta kesulitan dalam memulai dan mempertahankan percakapan, serta kurangnya keterampilan mendengarkan dan menyampaikan pendapat. Oleh sebab itu, perlu upaya efektif dari guru bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Salah satu upaya yang dimaksudkan yakni menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Studi ini berfokus untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan riset berjenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan memanfaatkan desain pre-test post test control grup desain. Subjek yang dipilih untuk riset ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta dengan teknik penentuan subjek yang digunakan ialah simple random sampling. Studi ini memanfaatkan skala komunikasi interpersonal sebagai instrument pengumpulan data. Uji validitas dan reliabilitas skala komunikasi interpersonal menggunakan Rasch Model dengan bantuan aplikasi Winstep. Analisis data dalam riset ini menggunakan independent sample t test dengan bantuan aplikasi SPSS.
Hasil analisis data menunjukkan nilai sig. sebesar 0,047 (<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Output dari riset ini dapat dijadikan referensi bagi guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa untuk meningkatkan komunikasi interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | komunikasi interpersonal, problem solving, bimbingan kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:26 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 01:26 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63844 |
Actions (login required)
View Item |